Ming. Mei 31st, 2020

Tak Terima Lahan PKP2D Digarap, PT Adaro akan Layangkan Laporan

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Mendapati informasi ada aktivitas galian batubara yang masuk wilayah izin di konsesi PKP2B-nya, PT Adaro Indonesia langsung melakukan kroscek ke lapangan.

“Setelah dilakukan cek lapangan memang dalam area PKP2B kita,” ujar CRM Manger PT Adaro Indonesia Djoko Soesilo, Kamis (2/4/2020).

Ia pun memastikan, lahan tersebut belum pernah dibebaskan dan aktivitas tersebut bukan dilakukan pihaknya.

Karena masuk wilayah PKP2B, lanjut Djoko, pihaknya akan membuat laporan. Sedangkan untuk status apakah penambangan itu legal atau ilegal, Djoko menegaskan, pihak berwenang yang lebih tahu.

“Pelaporan ini keharusan sebagai pemegang konsesi. Dengan demikin negara juga dapat melakukan tindakan atas aktivitas yang dapat merugikan lingkungn dan negara,” bebernya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan Musa Abdullah membenarkan, jika memang ada informasi terkait aktivitas pertambangan di Kecamatan Paringin Selatan.

Baca Juga :   Pemkab Balangan dan PT Adaro Uji Penggunaan Pupuk Organik dan Pupuk Kimia

“Karena persoalan pertambangan kini menjadi wewenang provinsi, maka kita sudah laporkan ke provinsi,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan menegaskan, pihaknya akan mendukung setiap usaha atau tindakan mencegah maupun menindak aktivitas pertambangan ilegal.

“Kami juga siap melakukan pengawasan jika memang masuk ranah wewenang DPRD Balangan,” imbuhnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat agar cepat melaporkan kalau ada aktivitas ilegal kepada aparat berwenang, terutama aktivitas yang bisa merusak lingkungan seperti penambangan ilegal.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.