Rab. Mei 27th, 2020

Taman Hijau Balangan Percantik Wajah Bumi Sanggam

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Taman Hijau Balangan merupakan tempat warga Kota Paringin dan sekitarnya untuk bersantai dan menghirup udara segar serta menikmati rindangnya penghijauan di tempat itu.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Hijau Balangan ini lokasinya tepat di tepi ruas Jalan Trans Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah di Kecamatan Paringin Selatan.

Lokasinya yang strategis tak ayal membuat sejumlah pelancong wisata atau pengunjung taman tersebut tak henti berdatangan. Terlebih saat akhir pekan.

Taman Hijau Balangan ini juga menawarkan nuansa warna-warni yang sekaligus menyajikan rimbunnya pepohonan. Bahkan, ada beberapa area yang dijadikan taman yang ditanam tumbuhan khas dari Taman Hijau Balangan.

Tentunya, karena RTH, taman itu pun dilengkapi dengan fasilitas bermain anak-anak. Ada pula wahana out bound dan bahkan tersedia pojok baca.

Menjadi primadona tempat rekreasi, Taman Hijau Balangan ini pun jadi prioritas pengembangan Pemkab Balangan, melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) setempat yang terus memberikan perhatian. Bahkan, setiap tahunnya selalu dilakukan pembenahan terhadap area taman.

Baca Juga :   BNNK Balangan Bertekad Satukan Suara Perangi Narkoba

Kepala Dinas PRKP Kabupaten Balangan, Dr Akhriani mengatakan. saat ini pihaknya sudah melakukan perencanaan untuk mengembangkan Taman Hijau Balangan tersebut. Bahkan desainnya pun telah dibuat.

Khusus bagian depan, bebernya, taman didesain beberapa ornamen untuk menarik minat pengunjung ataupun pengendara yang melintas. Bahkan, tampilan taman hijau itu nantinya ditata dan dibuat semenarik mungkin.

“Ornamen pada bagian depan dan tampilan luar Taman Hijau Balangan eye catching. Jadi pengunjung pun akan tertarik dan penasaran dengan apa yang ada di taman,” ucapnya.

Tak hanya itu, Taman Hijau Balangan ini juga merupakan taman ramah anak yang memiliki kelebihan dibandingkan taman biasa. Karena dilengkapi ruang interaksi bagi anak-anak maupun remaja yang  dapat menjadi pusat interaksi publik, sekaligus sebagai wahana pembelajaran dan pengembangan minat dan bakat anak.

Selain itu, menurut Akhriani, khusus untuk pengelolaan pertamanan dan RTH dilakukan lebih maksimal lagi disertai penambahan jumlah tanaman dan luasannya.

Baca Juga :   Wabup Balangan Sambangi Anak-anak SSB Batu Agung Pelatihan di Banjarnegara

Di antara taman yang ada, kata dia, Taman Hijau Balangan memang tetap jadi target salah satu taman yang fasilitasnya akan ditambah.

“Taman hijau inj menjadi wadah utama masyarakat Balangan dan warga yang melintas untuk bersantai bersama keluarga. Atas antusiasme warga inilah ke depannya fasilitas taman akan kita tambah,” terangnya.

Taman Hijau Balangan ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti jalan melingkar dengan ornamen warna warni, tempat duduk, permainan anak-anak seperti perosotan dan ayunan, beberapa tempat bernaung, bekas menara flying fox, lampu hias, beberapa tanaman, tebing tinggi buatan, tangga, dan huruf dalam bentuk struktur bangunan yang bertuliskan Taman Hijau Balangan.(Lipsus Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-17)

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.