Tampil Menekan Menjadi Kunci Kemenangan Barito atas Persebaya

251

KabarKalimantan, Banjarmasin – Tim kesayangan urang Banua Barito Putera tampil digdaya kala memenuhi jamuan Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (8/4/2018).

Alhasil, tim berjuluk Laskar Antasari tersebut berhasil meraih kemenangan atas tim Bajul Ijo dengan skor 1-2. Tim asuhan Jacksen F Tiago mampu membalikkan keadaan setelah tertinggal terlebih dahulu atas gol Abu Rizal Maulana pada menit ke-17.

Gol spekatuker penyama kedudukan diciptakan lewat tandukkan Douglas Packer yang menyambar umpan crossing tendangan bebas Nazar Nurzaidin pada menit ke-26. Alhasil, babak pertama pun berakhir dengan skor satu sama.

Memasuki babak kedua, Barito tampil lebih dominan dan ngotot untuk meraih poin penuh di laga tandangnya. Paulo Sitanggang bisa dibilang menjadi pahlawan atas kemenangan Barito Putera setelah ia sukses menyarangkan si kulit bundar ke gawang Persebaya, hingga kedudukan pun berubah menjadi 1-2 hingga pertandingan selesai.

Baca Juga :   Pendekar Indonesia Raih Emas

Kalah di kandang sendiri, Pelatih Persebaya Alfredo Vera mengklaim permainan anak asuhnya menurun setelah Otavio Dutra mengalami cedera dan digantikan M Syaifuddin pada menit ke-24.

“Pemain kami cedera dan permainan menurun. Pemain mulai buru-buru memainkan bola atau melepas tembakan. Babak kedua kami lebih bagus, tapi mereka bisa mencetak gol kedua. Barito memang bisa memanfaatkan momen krusial untuk menang,” kata Alfredo.

Selama pertandingan, lini tengah Persebaya terlihat kerepotan mengirim bola ke depan. Hasilnya, sangat jarang sekali trisula David da Silva, Feri Pahabol, dan Osvaldo Haay bisa masuk ke kotak penalti.

Da Silva sempat mencoba ikut turun dan memainkan bola di luar kotak penalti. Namun, bola yang berada di bawah penguasaannya sering kali dengan mudah direbut lawan.

Usaha penetrasi yang coba dilakukan Feri dan Osvaldo juga kurang bertaji. Lini belakang Barito cukup sigap bisa menahan mereka untuk masuk ke jantung pertahanan.

Baca Juga :   RD Puji Adhit

Alhasil, beberapa kali skuat Bajul Ijo melakukan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Sayangnya, akurasi tembakan itu masih kurang karena kebanyakan tidak menemui sasaran.

“Mereka (pemain Barito) bermain pintar dan beruntung. Bek kami juga kadang keluar. Mereka bisa kontrol momen itu dan menemukan keseimbangan,” kata pelatih asal Argentina itu.

Sementara itu, Pelatih Barito Putera Jacksen F Tigao mengaku sangat bersyukur atas kemenangan dari Persebaya yang sekaligus kemenangan perdana di laga pekan ketiganya.

“Permainan yang kami terapkan sama kala menghadapi Madura United lalu. Hanya saja, kali ini kami lebih beruntung dan keluar sebagai pemenang,” kata Jacksen saat dihubungi via pesan Whats App.

Ia memang mengintruksikan pemainnya untuk tampil menekan. “Anak-anak mampu menjalankan apa yang diinginkan tim pelatih. Hasil akhirnya pun kelihatan, kami keluar sebagai pemenang,” jelasnya.

Baca Juga :   Peluang Besar Kembali ke Puncak Klasemen

Laga pekan ketiga Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak ini menjadi kemenangan perdana bagi Barito Putera. Sementara bagi Persebaya laga ini merupakan kekalahan perdana juga.
SUHAIMI HIDAYAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here