Tanah Bumbu Mewaspadai Penggunaan Dana Desa

273

KabarKalimantan, Batulicin- Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu mengumpulkan 144 kepala desa se-kabupaten setempat untuk mengikuti sosialisasi penggunaan Dana Desa. Kepala Kejari Tanah Bumbu, Tjakra Suyana Eka Putra, mengatakan kepala desa mesti hati-hati ketika memanfaatkan Dana Desa demi menghindari penyalahgunaan anggaran.

Tjakra mengumpulkan ratusan kades ini di aula Kejari Tanah Bumbu, Kamis, (24/8/2017). Menurut dia, Kejari Tanah Bumbu sudah membentuk Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang bertugas memantau penggunaan Dana Desa.

“Harus dapat dipertanggungjawabkan secara jelas. Saya berusaha semaksimal mungkin mengawal penggunaan Dana Desa yang telah dikucurkan pemerintah pusat melalui APBN,” kata Tjakra Suyana kepada KabarKalimantan, Jumat (25/8/2017).

Mengutip UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, kata Tjakra, pemerintah desa diminta tertib administrasi dan tidak menyalahgunakan anggaran, apalagi dipotong untuk keperluan yang belum jelas peruntukannya. Ia mengatakan pemerintah pusat sudah menerbitkan buku panduan tentang aturan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) Dana Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, Nanang Suwignyo, menuturkan belum ada kepala desa (kades) yang ditangkap pihak penegak hukum terkait penyalahgunaan dana desa. Menurut Nanang, pemanfaatan Dana Desa untuk pembangunan sarana dan prasarana pedesaan.

Adapun syarat desa menerima kucuran Dana Desa itu di antaranya harus memiliki RPJMdes, RKPJdes, dan APBDdes. Namun pencairan Dana Desa melalui proses Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) secara bertahap. “Tergantung proyek yang dilaksanakan desa setempat sudah mencapai 100 persen,” kata Nanang.

Ia meminta pemerintahan desa memasang informasi proyek di lokasi tempat pengerjaan agar masyarakat bisa memantau secara transparan. Nanang segera menggelar diklat bimtek penggunaan Dana Desa di wilayah Tanah Bumbu. “Karena yang digunakan uang negara,” ucap Nanang Suwignyo.

Slamet Riyadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here