Tanah Bumbu Prioritaskan Pilkades Serentak

559

KabarKalimantan, Batulicin– Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu segera menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 29 Agustus 2017. Pilkades akan diikuti oleh 50 desa yang tersebar di delapan kecamatan se-Tanah Bumbu. Pesta demokrasi setingkat desa ini atas dasar amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, Nanang Suwignyo,S.Sos, mengatakan ada dua kecamatan yang belum mengikutsertakan pilkades di tahun 2017, yakni Satui dan Batulicin. Sebab, kata Nanang, rata-rata jabatan kepala desa di dua kecamatan itu masih tersisa satu-dua tahun ke depan.

Alhasil, ia pun mesti menunda pelaksanaan pilkades di dua kecamatan tersebut. “Namun tahun 2019 nanti, ada sejumlah 42 desa yang melaksanakan Pilkades serentak,” Ucap Nanang ketika ditemui wartawan, Senin (7/8/2017).

Pemkab Tanah Bumbu sudah menyiapkan dana untuk biaya pencetakan surat suara, honor KPPS, honor pengawas kecamatan, honor panitia pemilihan kepala desa, dan honor pengamanan pilkades. Ia mengatakan kepala desa menerima gaji sebesar Rp 2,5 juta dengan tunjangan kerja senilai Rp 2,5 juta.

Adapun kepala desa yang telah habis masa jabatannya segera digantikan oleh penjabat kades dari unsur Aparatur Sipil Negara. Kantor kecamatan berwenang menunjuk penjabat kades selama dua bulan. “Plt menjabat mulai dari pelaksanaan pilkades hingga pelantikan kades terpilih di desa itu,” ujar Nanang.

Nanang terus mempersiapkan tahapan pelaksanaan pilkades serentak. Pemkab Tanah Bumbu sudah mencetak 70.000 lembar surat suara dan menyiapkan kotak pemungutan suara sebanyak 110 kotak. Menurut dia, KPUD Tanah Bumbu meminjami semua kotak suara itu. “Semoga berjalan lancar,” kata Nanang.

Yadi 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here