Tanaman Anggrek Mulai Dibudidayakan di Kawasan Wisata

533
Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia Kabupaten Kotabaru, Fatma Idiana Jafar. Redkal.com

KabarKalimantan, Kotabaru – Wisata hutan meranti yang berada di wilayah Desa Sebelimbingan Kabupaten Kotabaru merupakan salah satu Detisinasi wisata unggulan yang berada dikabupaten Kotabaru.

Didalam wisata hutan meranti terdapat ribuan pohon meranti dan berbagai satwa. Wisata hutan meranti bukan saja sebagai tempat wisata, namun biasanya dijadikan wahana belajar terbuka bagi anak anak sekolah.

Ditambahkannya lagi wisata hutan meranti biasanya dijadikan sebagai tempat perlombaan fotografer serta dijadikan sebagai tempat para pengunjung untuk menghirup udara segar dan menikmati alam hutan meranti.

Wisata hutan meranti yang mempunyai pesona hutannya yang indah sehingga dikawasan itu juga digunakan sebagai tempat taman bunga anggrek, yang dilakukan oleh pecinta bunga anggrek kabupaten Kotabaru.

Bunga anggrek sendiri di tanam langsung oleh para ibu ibu Gerakan Cinta Anggrek Kotabaru Minggu (28-01-2018), selain melakukan penanaman bunga anggrek di wisata hutan meranti juga dilaksanakan pengukuhan pengurus Perhimpunan Anggrek Indonesia cabang Kotabaru.

Dalam pelaksanaan pengukuhan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM, ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia Cabanng Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar beserta seluruh pengurusnya.

Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM sangat mengapresiasi telah terbentuknya Perhimpunan Anggrek Indonesia cabang Kotabaru. Sayed juga mengimbau kepada pengurus agar tanaman anggrek dikembangkan tidak hanya d irumah rumah, tapi bisa diciptakan suatu areal wisata anggrek hutan meranti ini saja. Kata Said, kalau bisa dikembangkan di tempat wisata wisata yang ada dikabupaten Kotabaru supaya nantinya bisa menjadi daya tarik wisata yang akan menambah PAD Kotabaru.

“Kepada pengurus yang ada bisa menciptakan areal wisata anggrek di hutan meranti ini, biar kedepannya bisa mengadakan pameran tingkat nasional dan Kotabaru siap menjadi tuan rumah,” Ujar Said Akhmad.

Dalam sambutannya Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia Cabang Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar mengatakan Kotabaru memiliki areal hutan yang luas dimana kekayaan aneka ragam hayati yang wajib dijaga, khususnya tanaman anggrek yang bisa dikembangkan karena banyak peminatnya. Oleh sebab itu perlindungan dan pemberdayaan anggrek harus digalakkan dengan tujuan pelestarian anggrek species Kotabaru dari kepunahan.

Kedepannya program kegiatan PAI DPC Kotabaru akan terus melakukan gerakan penanaman anggrek di pohon pohon besar dan ditempat tepat umum agar nantinya tanaman anggrek dapat terus dikenalkan dan menumbuhka rasa cinta sebagai wujud pelestarian anggrek di Kabupaten Kotabaru, jelas Fatma Idiana.

Sekretaris PAI DPC Kotabaru Susan menjelaskan Pengukuan PAI Kabupaten Kotabaru terlaksana mengingat sudah banyaknya komunitas pecinta anggrek yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Anggrek adalah Orchidaceae) merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika.

Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan “berdaging” (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air.

Anggota pentingnya yang dikenal baik manusia adalah anggrek hias serta vanili.berkelopak bunga indah dan berwarna-warni, jelas Susan.

ARDIANSYAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here