Tanbu akan Miliki Puskesmas Rawat Inap Terbaik

795

KabarKalimantan, Batulicin – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, H Muhammad Muslim didampingi CEO PT BIB, Bonifasius, dan COO PT BIB, R Utoro melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Puskesmas Rawat Inap Sebamban 2, di Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (14/11).

Pembangunan gedung puskesmas ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR)PT Borneo Indobara (BIB) yang bergerak di bidang pertambangan batubara yang mengantongi izin perjanjian karya penambangan batubara (PKP2B) dari menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Puskesmas rawat inap yang anggaran pembangunannya sebesar Rp 12 miliar ini dibangun bertujuan agar dapat menjangkau akses kesehatan yang memadai bagi warga, khususnya masyarakat Tanah Bumbu dan penerima BPJS, serta keluarga karyawan PT BIB.

Bahkan, puskesmas ini dinilai bakal menjadi puskesmas yang terbaik di Bumi Bersujud, sekaligus menjadi yang tercanggih karena akan dilengkapi dengan fasilitas modern dan memilki dokter spesialis.

Selain acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Puskesmas Rawat Inap Sebamban 2 itu, Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, CEO, dan COO PT BIB juga menyempatkan untuk meresmikan sejumlah proyek pembanguan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Borneo Indobara untuk Kabupaten Tanah Bumbu.

Proyek yang diresmikan itu adalah proyek pembangunan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di 11 desa untuk mendukung penyediaan sarana dasar air bersih yang berkualitas dan memadai bagi 25.500 warga setempat.

Peresmian proyek pembangunan Underpass Telkom, Jalan lingkar Angsana, dan pengerasan jalan Desa Trimartani sepanjang 5,2 Km untuk memadai akses jalan masyarakat sekitar tambang PT BIB.

Proyek pembangunan ruang kelas tambahan di 10 sekolah, sebagai sarana pendukung kegiatan belajar dan mengajar bagi 420 siswa – siswi di sekitar lingkar tambang milik perusahaan PT BIB. Kemudian, Proyek Padi Organik (SRI) untuk mendukung program ketahanan pangan Kabupaten Tanah Bumbu melalui peningkatan keterampilan budidaya ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Senior Manager CSR dan Ext Rel Dept Head, PT BIB, Dindin Makinudin memaparkan,  program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat merupakan implementasi dari tanggungjawab sosial dari perusahaan.

“Program yang dilakukan ini merupakan salah satu kewajiban perusahaan terhadap masyarakat setempat. Sepanjang 2018 ini, kami telah memprogramkan 34 unit proyek pembangunan yang dilaksanakan, diantaranya sejumlah 11 proyek yang telah disepakati dengan Pemkab Tanbu,” ujar Dindin.

Slamet Riadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here