Tanbu Panen Padi Varietas IPB

735

KabarKalimantan, Batulicin – Kerjasama Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) membuahkan hasil manis.

Buah kerjasama itu ialah suksesnya panen padi varietas IPB 3S dan 9G di lahan seluas 3 hektare milik Kelompok Tani Maju Bersama, Desa Kersik Putih, Kecamatan Batulicin, Rabu (29/8).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu Burhanuddin mengatakan, sangat berterimakasih kepada Kelompok Tani Maju Bersama yang sudah berhasil mengembangkan tanaman varietas IPB ini mulai dari masa tanam hingga panen.

Ia menjelaskan, padi varietas IPB yang dipanen tersebut merupakan padi yang ditanam pada musim kedua, yakni April-September 2018. “Ada dua jenis padi di lahan seluas 3 hektare ini, yakni dua hektare jenis IPB 3S dan 1 hektare jenis 9G,” jelasnya.

Burhanuddin mengatakan, ditanamnya varietas IPB di lahan pertanian Kabupaten Tanah Bumbu ini bertujuan untuk pengayaan plasma nutfah. “Dengan demikian, petani di Tanah Bumbu memiliki banyak pilihan jenis padi yang ditanamnya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sinergitas Wujudkan Demokrasi Aman, Damai, dan Sejuk

Dengan melimpahnya hasil panen padi varietas IPB ini, lanjut Burhanuddin, para petani juga tak perlu khawatir terhadap masalah pendistribusiannya. Sebab, gabah keringnya akan dibeli pihak ketiga atau melalui dana APBN.

“Padi ini nantinya akan akan disebar kepada masyarakat sebagai bantuan padi gratis dari pemerintah daerah,” ujar Burhanuddin.

Slamet Riadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here