Jum. Feb 28th, 2020

Tanpa Pers, Program Pemerintah Tak akan Tersampaikan ke Masyarakat

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan dimeriahkan dengan beragam kegiatan. Salah satunya adalah seminar “Best Practices Pemerintahaan yang Baik”. Acara ini dihadiri Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala H Abdul Manaf yang mewakili Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS, Jumat (7/2/2020).

Acara yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB bersama PWI Kalsel dan Pemprov Kalsel ini dihadiri langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie, Ketua PWI Pusat Atal S Depari.

Dalam sambutannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyampaikan pentingnya peran pers sebagai penyampai pesan program-program kerja pemerintah pusat maupun daerah.

Menurut mantan anggota DPR RI ini, pers memiliki peran besar agar program-program pemerintah dapat diketahui, dipahami masyarakat serta terlaksana dengan baik. “Pers dan pemerintah baik presiden hingga kepala desa harus bisa saling mengisi demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Karena itulah, Tjahjo Kumolo berharap, pers dapat ikut menyosialisasikan program pemerintah untuk melakukan reformasi birokrasi, dimana akan ada penyederhanaan struktur organisasi di pemerintahan dengan mengurangi eselon III dan IV yang akan digantikan dengan pejabat fungsional yang kompeten.

“Pengalihfungsian eselon menjadi fungsional, diharapkan dapat meningkatkan standar SDM pemerintah dan mengubah pola pikir yang masih eselonisasi,” jelasnya.

Tjahjo Kumolo juga berharap, dengan perubahan ini ASN akan semakin professional dan optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena itulah Tjahjo Kumolo menegaskan penerimaan CPNS akan berfokus kepada tenaga ahli professional, seperti guru maupun tenaga kesehatan dan bukan tenaga administrasi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyampaikan rasa bangganya Provinsi Kalimantan Selatan dapat menjadi tuan rumah HPN.

“Kami bangga bisa menjadi tuan rumah dan menyambut baik HPN dengan tagline ‘Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan sebagai Gerbang Ibu Kota Negara,” ujar Abdul Haris.

Ia juga menyampaikan, pelaksanaan HPN ini sebagai awal persiapan pembangunan Kalimantan Selatan sebagai gerbang ibu kota baru.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.