Sen. Jul 13th, 2020

Targetkan Adipura Kencana, Banjarmasin Belajar ke Palembang

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Setelah meraih Adipura Kirana tiga kali berturut-turut, Pemerintah Kota Banjarmasin kembali mergetkan dapat meraih Adipura Kencana pada tahun ini. Untuk mewujudkan itu, tentunya Pemkot Banjarmasin perlu belajar dari daerah lain yang pernah mendapatkan, salah satunya ialah Kota Palembang.

Jumat, (13/7/2018), rombongan Pemkot Banjarmasin dipimpin Asisten III Bidang Administrsi Umum Rusmin bertandang ke Balai Kota Palembang. Palembang dipilih sebagai kota sudi karena pernah meraih Adipura Kencana.

“Kami Pemerintah Kota Palembang mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemerintah Kota Banjarmsin,” ucap Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan Pemkot Palembang Ki Agus Sadaruddin.

Sadaruddin mengatakan, Palembang merupakan kota yang sudah pernah meraih sebanyak 11 kali penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup. Salah satunya Adipura Kencana yang diraih pada 2014 lalu.

“Sebelum 2007 Palembang ini dicap sebagai kota terkotor. Tapi, alhamdulilah berkat kerja keras kami bisa memperbaikinya,” katanya.

Baca Juga :   Zuriat Habib Basirih Resah dengan Ulah Salah Seorang Caleg

Sadaruddin mengatakan, keberhasilan Palembang meraih Adipura Kencana saat itu tidak lepas dari peran serta masyarakat Palembang sendiri. Pemkot Palembang membentuk kader lingkungan di 18 kecamatan. Hingga saat ini total kader lingkungan yang dimiliki berjumlah kurang lebih 5 ribu orang.

“kader inilah yang menjadi ujung tombak. Mungkin inilah salah satu nilai plus mengapa kami mendapat Adipura Kencana,” jelasnya.

Sementara Itu, Asisten III Bidang Administrsi Umum Pemkot Banjarmasin Rusmin berterimakasih atas masukan maupun ide-ide yang diberikan oleh Pemkot Palembang. Dia berharap hal itu bisa menjadi referensi Banjarmasin untuk mewujudkan cita-cita mendapatkan Adipura Kencana.

Selain membahas soal Adipura. Dalam kesempatan itu juga banyak dibicarakan soal pembanguan kota, seperti dunia pariwisata, Perikanan, dan penataan taman kota. Mengingat, geografis ibukota Sumatera Selatan itu memiliki kemiripan dengan Banjarmasin.

M Syahbani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.