Ming. Jan 24th, 2021

Teater Awan Kembali Gelar Festival Japin Carita

1 min read

BANJARMASIN, KK – Upaya pelestarian kesenian tradisional terus dilakukan para seniman muda. Teater Awan, salah satu organisasi kesenian yang bermarkas di IAIN Antasari Banjarmasin, kembali menggelar festival teater tradisi Japin Carita pada akhir Februari 2017 mendatang. Pada pelaksanaan kali ini mengangkat tema “Sajukung Sahaluan,  Ayu Lastariakan Budaya Banjar Japin Carita.”

Riswan, ketua umum Teater Awan mengatakan bahwa Festival Japin Carita tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 23 Februari mendatang di Auditorium Mastur Jahri IAIN Antasari Banjarmasin. Pendaftaran akan dibuka pada 10 Januari dan ditutup pada saat Technical Meeting pada 29 Januari 2017.

Ia juga menjelaskan, bahwa ada dua kategori peserta dalam ini, yakni kategori mahasiswa atau umum, dan kategori pelajar, baik itu tingkat SMA maupun SMP.

“Pesertanya dari komunitas mahasiswa atau umum, dan pelajar tingkat SMP, MTS, MA, SMA, dan SMK se Kalsel,” ucapnya.

Berbeda dari pelaksanaan pada tahun sebelumnya, dalam Festival Japin Carita kali ini panitia menyediakan beberapa naskah pilihan yang tidak bersifat wajib. Peserta dapat memilih salah satu naskah yang disediakan tersebut atau membawakan naskah lain, baik itu buatan komunitasnya sendiri.

Hal tersebut diharapkan, dapat membantu peserta untuk proses penggarapan di masing-masing komunitas. Selain itu, dengan adanya naskah pilihan, peserta yang ingin membuat naskah atau cerita baru dapat mencontoh naskah yang telah disediakan panitia.

“Biar peserta ada pegangan dan contoh naskah yang benar, supaya tidak melenceng seperti yang terjadi pada beberapa peserta di tahun kemarin,” jelasnya. nfi/ara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.