Kam. Mar 4th, 2021

Tenaga Kerja Asing “Serbu” Kalsel, Ini Komentar Wakil Rakyat

1 min read

BANJARMASIN, KK – Maraknya tenaga kerja asing (TKA) yang masuk ke Kalimantan Selatan membuat wakil rakyat di DPRD Kalimantan Selatan meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengawasi dengan ketat dan tak lalai.

Yazidi Fauzi, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel meminta Disnaker tingkat provinsi hingga kabupaten/kota melakukan tindak tegas terhadap perusahaan yang mendatangkan tenaga kerja asing tak sesuai aturan. “Cabut izin operasionalnya agar ada efek jera,” katanya baru-baru ini kepada Kabar Kalimantan.

Selain itu, sambungnya, dengan masuknya tenaga kerja asing baik tenaga ahli atau buruh akan menambah hambatan angkatan kerja di Indonesia.

Yazidi juga mengingatkan pada aparat kepolisian supaya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penertiban tenaga kerja asing tak sesuai aturan yang dinilai merampas hak tenaga kerja lokal.

“Kami akan melakukan pemantauan ke sejumlah perusahaan yang memiliki tenaga kerja asing,” tegas dia.

Sebelumya Masrur Auf Ja’far anggota Komisi IV DPRD Kalsel menjelaskan, Kalsel memang terbuka untuk tenaga kerja asing, tetapi para harus memenuhi persyaratan yang sudah tercantum dalam regulasi pemerintah.

“Jangan sampai mereka masuk dan bekerja tanpa memenuhi persyaratan regulasi di Indonesia,” tuturnya.

Jika ada tenaga kerja asing di Kalsel melanggar aturan, wajib dideportasi sesuai dengan peraturan pemerintah yang menyatakan TKA yang bekerja di Indonesia hanya memiliki waktu paling lama dua tahun. bbe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.