Terpencil, TMMD Kembali Menyasar Kecamatan Tebing Tinggi

902
Kegiatan TMMD di wilayah Kodam IV Diponegoro. Foto: Kodam IV Diponegoro

KabarKalimantan, Paringin– Markas Kodim 1001/Amuntai-Balangan kembali menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2017 di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

TNI-AD menggandeng Pemkab Balangan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memantapkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Pelaksanaan program selama satu bulan dimulai tanggal 26 September 2017. Tebing Tinggi dipilih kembali karena termasuk kecamatan yang masih perlu sentuhan pembangunan, pelayanan, dan daerah terpencil.

Komandan Dandim 1001/Amutai-Balangan, Letnan Kolonel Kav Aria Sagita Saleh, mengatakan TMMD berfokus pada desa-desa miskin, terisolir, terpencil, dan daerah kumuh perkotaan. Menurut dia, TNI-AD
akan membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah program, seperti jalan dan jembatan serta fasilitas lain.

Ia menuturkan pembangunan infrastruktur seirama dengan tekad pemerintah memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan.

“Maka pola pendekatan TMMD sungguh sangat sejalan dan sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan pembangunan yang secara signifikan bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat,” kata Letkol Aria saat rapat koordinasi di Aula Benteng Tundakan Kantor Bupati Balanga, Rabu (13/9/2017).

Baca Juga :   TMMD, Ketika Serdadu Menggarap Infrastruktur di Lereng Meratus

Selain itu, TMMD ikut mewujudkan pertahanan negara di daerah yang tangguh. TNI melaksanakan kegiatan TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian yang luhur kepada masyarakat dan melestarikan nilai sejarah, terutama kemanunggalan TNI – Rakyat.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here