Sab. Sep 26th, 2020

Tes Swab Aman, Segera Daftar Jika Miliki Gejala dan Kontak Erat

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Jelang 10 ribu tes swab massif mulai 14-17 Agustus 2020 mendatang, masyarakat yang belum terdata namun memiliki gejala atau kontak erat dengan terkonfirmasi positif diharap mendaftarkan diri ke Puskesmas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel Roy Rizali Anwar saat konfrensi pers melalui zoom meeting, Rabu (12/8/2020).

Roy mengatakan, jika masih ada yang belum terdaftar atau terdata di pelayanan kesehatan tetapi memiliki kontak erat dengan terkonfirmasi positif dan merasa gejala Covid-19 agar dapat mendaftarkan diri di puskesmas.

“Apabila belum terdata, bisa mendaftarkan diri di puskesmas sesuai dengan domisilinya,” katanya.

Plt Kepala BPBD Kalsel ini berharap, melalui tes swab masif ini seluruh terpapar Covid yang masih belum ditangani akan dapat ditemukan. “Sehingga dapat memutus mata rantai penularan di masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, terkait pelaksanaan swab massif ini diserahkan kepada masing-masing kabupaten/kota dengan sasaran adalah kontak erat, probable dan suspect. “Waktu dan tempatnya tergantung kabupaten/kota. Ada yang serentak dan bergilir, serta untuk tempat ada yang di puskesmas, rumah sakit, kantor dan bahkan lapas,” kata Roy.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menegaskan, walaupun baru akan dilaunching pelaksanaan 10 ribu swab massif pada 14 Agustus, akan tetapi untuk pelaksanaan swabnya sudah dilakukan mulai dari kemarin. “Sudah mulai sejak kemarin, hari ini, dan seterusnya. Akan dilakukan kalau itu memang dibutuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel M Muslim mengatakan, warga jangan takut dites swab karena akan dilakukan oleh tenaga terampil dan akan diberikan treatment penyembuhan apabila hasilnya terkonfirmasi positif. “Swab aman, mereka adalah tenaga yang sudah kompeten,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini.

Ia juga menambahkan, dengan kapasitas PCR di Kalsel yang telah siap dengan kemampuan membaca hasil swab 2000-an sampel perharinya. “Untuk hasil swabnya akan keluar 3 hari sejak diterima sampel swab di laboraturium,” pungkas Muslim.

Adapun untuk kuota tes swab dimasing-masing kabupaten/kota yakni, Kota Banjarmasin mendapatkan 1.399, Tanah Bumbu 1.064, Balangan 946, Kabupaten Banjar 869, Kota Banjarbaru 844, Tanah Laut 796, Tabalong 746, Hulu Sungai Tengah 661, Batola 644, Hulu Sungai Selatan 635, Hulu Sungai Utara 503, Tapin 501 dan Kotabaru 397 kuota swab tes.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.