Jum. Okt 23rd, 2020

TFC Kemenkes RI Kunjungi Kabupaten Tanah Bumbu

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Tim Task Force Covid-19 (TFC) bentukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan kunjungan ke Kabupaten Tanah Bumbu yang disambut langsung Wakil Bupati H Ready Kambo didampingi sejumlah pejabat lingkup dan SKPD setempat, Rabu (30/9/2020).

Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI Riki Ikbal mengatakan, Task Force Covid-19 (TFC) ini dibentuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam penanganan Covid-19 di sembilan provinsi yang menjadi prioritas, salah satunya Provinsi Kalimanta Selatan.

“TFC ini bertugas untuk menurunkan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan pasien corona. Jadi keberadaan TFC adalah untuk menjembatani pemerintah pusat dan daerah dalam menangani Covid-19,” katanya.

Pada kesempatan itu, Riki Ikbal juga mengapresiasi penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan yang trendnya semakin membaik. Pun demikian, Riki meminta Pemerintah Provinsi Kalsel, termasuk Kabupaten Tanah Bumbu harus tetap mengantisipasi terjadinya klaster baru dari pelaksanaan Pilkada.

“Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu harus benar-benar mengantisipasi potensi terciptanya klaster baru dengan strategi-strategi yang disiapkan dengan matang,” tandasnya.

Menurut Riki, penanganan Covid-19 tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada tenaga kesehatan. Namun harus bergotong royong dengan melibatkan masyarakat, seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menyosialisasikan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Riki juga menyambut baik dengan upaya yang dilakukan Pemkab Tanbu untuk mencegah penularan Covid-19, salah satunya dengan menggandeng perusahaan dalam hal pengadaan alat PCR.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanbu H Ready Kambo mengatakan, menyambut baik atas kedatangan TFC Kemenkes RI di Bumi Bersujud ini. “Kunjungan TFC Kemenkes RI dalam rangka memonitoring perkembangan, pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19 ini merupakan suatu kebahagiaan sekaligus kehormatan bagi Kabupaten Tanah Bumbu,” katanya.

Ready Kambo pun berharap, melalui kunjungan kerja TFC Kementerian Kesehatan ini nantinya dapat saling bertukar informasi, berbagi pengalaman dan saling bersinergi dalam upaya memutus mata rantai penularan virus corona di Bumi Bersujud.

Terkait penanganan Covid-19, Ready Kambo juga melaporkan program strategis yang telah dilaksanakan pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, diantaranya bekerjasama dengan TNI/Polri yang membentuk Kampung Tangguh Banua di kecamatan dan desa.

“Program strategis lainnya, yakni Gebrak Masker yang bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Tanah Bumbu yang membagikan sejuta masker dengan memberdayakan para penjahit di setiap desa untuk membuat masker dan juga sebagai upaya mendongkrak ekonomi para penjahit di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.