Tiang Penyangga Patah, Jembatan di Desa Gunung Sari Ambruk

943

KabarKalimantan, Kotabaru – Tidak hanya menenggelamkan rumah warga, banjir yang melanda Kabupaten Kotabaru beberapa waktu lalu juga menyebabkan sebagian jembatan penyeberangan rusak parah hingga terputus.

Salah satunya jembatan penghubung di Desa Gunung Sari. Jembatan tersebut ambruk akibat tiang penyangga patah diterjang banjir.

Ambruknya jembatan yang tepat berada di wilayah RT 04, Desa Gunung Sari tersebut jelas sangat berdampak pada warga setempat.

Bagaimana tidak, masyarakat di salah satu desa di Kecamatan Pulau Laut Utara terpaksa harus menempuh jalan alternatif yang jaraknya sekitar 100 meter. “Iya, kami harus memutar jalan untuk menyeberang,” kata Tusiman, salah satu warga Desa Gunung Sari.

Tak hanya terputusnya akses penyeberangan warga, ambruknya jembatan tersebut juga menyebabkan pipa-pipa penyaluran air bersih terputus sehingga warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih.

“Kami berharap, pemerintah desa, kecamatan maupun dinas terkait segera melakukan perbaikan jembatan yang merupakan akses vital bagi warga di sini,” ujarnya.

Menyikapi ambruknya jembatan tersebut, Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad angkat bicara. Ia mengatakan, jembatan tersebut akan segera diperbaiki dengan menggunakan dana APBD.

“Kalau anggarannya siap, kita gunakan APBD. Tapi kalau belum, kita akan arahkan Pemerintah Desa Gunung Sari untuk membangunnya menggunakan dana desa. Dan, untuk gorong-gorongnya akan menggunakan dana siaga banjir,” pungkas Said Akhmad.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here