Kam. Mar 4th, 2021

Tiga Hari Sebelum Pelaksanaan Pilkada, Jabatan Komisioner KPU Tala Berakhir

1 min read

Kabarkalimantan, Banjarmasin – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni 2018 tak bisa diundur. Dilematisnya jabatan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut (Tala) akan berakhir pada 24 Juni 2018.

Artinya, tiga hari sebelum pelaksanaan Pilkada itu, komisioner penyelenggara pesta demokrasi di Tala tak bisa lagi bekerja lantaran masa tugasnya sudah berakhir.

Lantas, hal tersebut menjadi masalah baru bagi peyelangara KPU karena baru tiga hari menjabat sudah harus mengurus soal pemilihan kepala daerah.

Meyikapi hal itu, Suripno Sumas mengakui munculnya kendala tersebut setelah Komisi I DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Tala. Pihaknya pun berencana mengundang KPU Kalsel.

“Dalam waktu dekat, kami akan koordinasikan ke KPU Kalsel terkait solusi terbaik untuk Pilkada Tala tetap bisa diselenggarakan,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, Jumat (2/3/2018).

Ia menambahkan, jika memang KPU Kalsel tak juga kunjung menentukan sikap, Komisi I DPRD Kalsel pun siap menjembatani masalah ini ke KPU pusat.”Kalau perlu kami langsung ke KPU Pusat,” ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan Kalsel ini.

Idealnya, ujar Suripno kembali, jabatan Komisioner KPU Tala diperpanjang hingga penetapan pemenang pasangan calon kepala daerah. “Sebab kalau pemilihan komisioner lagi, yang baru belum tentu bisa bekerja maksimal,” tekannya.

Atas dasar itu lah pihaknya berharap masalah ini bisa segera terurai. “Kami ingin ada jalan terbaik agar pelaksanaan Pilkada Tala tak mengalami hambatan,” pungkasnya.

M RIZAL KHALQI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.