Tiga Lembaga Penegak Hukum Tandatangani MoU Penaganan Tindak Pidana

769

KabarKalimantan, Paringin – Untuk mempercepat proses penanganan hukum terkait tindak pidana, Polres Balangan melakukan penandatangan MoU bersama Kejaksaan Negeri Balangan dan Pengadilan Negeri Paringin, di Aula Pesat Gatra Mapolres Balangan, Selasa (27/8/2019).

Penandatanganan MuO yang dilakukan langsung Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, Kajari Balangan Tommy Kristanto, dan Ketua Pengadilan Negeri Paringin Rios Rahmanto ini juga disaksikan Bupati Balangan yang diwakili Asisten 2, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan serta perwakilan Kodim 1001 Amuntai/Balangan.

Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni menyampaikan, MoU ini merupakan langkah untuk mempercepat proses penanganan hukum tidak pidana, dengan menjalin sinergitas antara penegak hukum agar mempermudah penanganan perkara khususnya perkara pidana.

“Sebelumnya, kami melakukan kooordinasi masalah hukum ini hanya secara non formal. Untuk itu MoU yang disepakati ini akan mempermudah kami dalam hal penanganan hukum yang cepat dan profesional,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pengadilan Negeri Paringin Rios Rahmanto juga menyambut baik adanya MoU penanganan tindak pidana tersebut. Ia berharap dengan adanya kesepakatan ini penanganan tindak pidana bisa diselesaikan sampai tahap putusan.

“Tuntutan penegak hukum ini semakin banyak, tindak pidana juga bermacam-macam, dan UU baru pun akan banyak muncul. Nah, dengan MoU ini maka senergi kita akan terjalin,” tandasnya.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Balangan Tommy Kristanto. Ia mengatakan, MoU penanganan penegakan hukum perkara pidana ini menjadi atensi bagi penegakan hukum kasus pidana agar lebih cepat dari proses penyidikan sampai proses putusan.

“Kami juga mengapresiasi rangkaian kesepahaman melalui MoU ini yang juga meruoakan langkah untuk perancangan menuju zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here