Ming. Agu 9th, 2020

Tim GTPP Kalsel akan Laksanakan Test Swab Massal

1 min read

KabarKalimantan, Banjarbaru – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalimantan Selatan akan melaksanakan swab test massal dengan jumlah 10 ribu sampel.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Abdul Haris Makkie.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel ini mengatakan, Pemprov Kalsel bekerjasama dengan TNI-Polri dalam waktu dekat akan melaksanakan swab besar-besaran di seluruh kabupaten/kota.

“Kita sedang menyiapkan swab massal dengan jumlah 10 ribu sampel dengan melakukan tracking terhadap kontak erat kasus positif covid-19,” kata Haris.

Haris menambahkan, saat ini dirapatkan rencana pelaksanaan swab massal tersebut, dan diharapkan pekan depan swab massal tersebut sudah terlaksana.

“Sama-sama kita bekerja untuk mencari kasus positif yang masih berkeliaran lalu dites. Jika positif kita tangani untuk disembuhkan baik di rumah sakit, karantina khusus, atau isolasi mandiri. Apabila yang positif sudah ditemukan semua dan kita pisahkan dengan yang negatif maka penyebaran wabah bisa ditangani. Hal itu yang sedang kami perjuangkan melalui tracking, tracing, testing masih massif,” pungkas Haris.

Adapun untuk kapasitas PCR di Provinsi Kalsel saat ini sudah memadai setelah 5 ribu lebih tumpukan sampel swab diurai. Rata-rata sampel swab yang dikirim ke laboratorium di Kalsel 700 per hari, sedang kapasitas PCR sudah lebih dari 1.200 per hari.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.