Tim KPH Balangan Amankan Bayi Bekantan 

1205

KabarKalimantan, Paringin – Menerima laporan masyarakat, terkait ada warga di Desa Pemurus, Kecamatan Juai menemukan anak bekantan yang diperkirakan berusia kurang lebih sekitar 15 hari, Tim KPH Balangan melalui Seksi Perlindungan Hutan langsung bergerak ke lokasi.

Selain ke lokasi, tim juga langsung melaporkan kejadian tersebut ke Seksi Konservasi Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan. Dimana KPH Balangan diarahkan untuk berkoordinasi dengan BKSDA Resort Gunung Kentawan untuk segera mengevakuasi anak bekantan tersebut.

Kasi Perlindungan Hutan KPH Balangan Emir Faisal yang juga terlibat langsung dalam penjemputan anak bekantan tersebut mengatakan, pihaknya selalu sigap merespon kejadian-kejadian seperti itu.

“Sesaat sampai dilokasi, kita langsung ambil alih keberadaan bekantan tersebut dan kemudian diserahkan ke BKSDA Kalsel melalui Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru,” ungkapnya.

Menurut Emir, anak bekantan itu ditemukan oleh Ilham warga Desa Pemurus Kecamatan Juai pada Minggu siang lalu di kebun miliknya. “Bekantan ini salah satu hewan yang dilindungi, ini sesuai dengan keputusan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” katanya, Rabu (3/7/2019).

Bekantan sendiri, lanjut dia, adalah salah satu primata yang saat ini sedang melawan kepunahan, dimana penurunan populasinya semakin mengkhawatirkan.

Bahkah menurut The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) menempatkan bekantan termasuk dalam Eppendix I atau hewan yang terancam punah.

Penurunan populasi ini, menurut Emir, adalah akibat dari alih fungsi lahan, perburuan liar, dan kebakaran hutan yang merupakan beberapa penyebab primata endemik Borneo ini hampir punah.

“Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat apabila ada menemukan spesies seperti bekantan atau hewan yang dilindungi lainnya, agar segera melaporkan kepada pihak yang berwenang terutama KPH Balangan dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan,” katanya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here