Tim LDBI Kalsel Hanya Raih Kategori Tim Favorit

1332

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kendati sudah menunjukkan progres yang luar biasa dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), tim Kalimantan Selatan hanya mampu meraih tim favorit.

Sebagai tuan rumah Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National School Debating Championship (NSDC) Jenjang SMA Tingkat Nasional 2019, perwakilan tim Kalimantan Selatan masih belum mampu bersaing dengan siswa/siswi provinsi lain dalam lomba debat.

Berdasarkan penilaian juri, walaupun tim Kalsel sudah menunjukkan progres yang luar biasa hingga berhasil mengumpulkan skor yang tinggi, akan tetapi hal itu masih belum mampu mengantarkan tim Kalsel masuk dalam tim eliminasi untuk memperebutkan posisi kelima.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan Yusuf Effendi mengatakan, walaupun Kalimantan Selatan masih belum mampu masuk lima besar, namun kegiatan lomba debat ini akan mampu menjadi pengalaman dan pembelajaran.

“Ini dapat menjadi bekal kita untuk event-event yang akan datang,” kata Yusuf usai Penutupan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National School Debating Championship (NSDC) Jenjang SMA Tingkat Nasional 2019 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Senin (19/8/2019) malam.

Guna meningkatkan potensi siswa dan siswi, lanjutnya, pihaknya akan programkan kegiatan debat ini dalam proses belajar dan mengajar.

“Ke depan kami akan programkan untuk memantapkan kegiatan debat ini di satuan pendidikan,” ucap Yusuf.

Namun, walau hanya mampu meraih sebagai tim favorit, Kalimantan Selatan mendapat pujian sebagai tuan rumah yang sangat baik karena selain sukses dalam pelaksanaan debat, disela kegiatan lomba, 204 peserta dan para pendamping diajak berwisata, mulai dari ke Museum Lambung Mangkurat,  pusat oleh-oleh di Martapura hingga kuliner di rumah makan dan pemancingan di Bincau.

Akhirnya Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National School Debating Championship (NSDC) Jenjang SMA Tingkat Nasional 2019 yang berlangsung sejak 14 agustus ini yang menjadi juara umumnya ialah D.I Yogyakarta.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here