Tingkatkan Kompetensi dan Profesionlisme Jurnalis dalam Safari Jurnalistik 2018

796

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dalam meningkatkan kompetensi, profesionalisme dan martabat wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bermitra dengan PT Astra Internasional menggelar Safari Jurnalistik 2018.

Safari Jurnalistik 2018 dilaksanakan di 4 provinsi, yakni Riau, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan dan Bali. Kota Banjarmasin menjadi titik lokasi dalam pelaksanaan Safari Jurnalistik kali ini.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengatakan, tujuan dilaksanakan safari jurnalistik ini guna meningkatkan kompetensi, profesionlisme dan martabat wartawan di Indonesia.

Atal menuturkan, pendidikan dan pelatihan seperti ini sudah ada dalam Ad/Art PWI dan tidak ada pilihan selain terus menerus melakukan pendidikan dan pelatihan.

“Karena itu, kalau di PWI ada 10 program. 1-9 itu merupakan pendidikan dan pelatihan dan yang ke 10 itu dan lain-lain,” kata Atal usai membuka Safari Jurnalistik, di Gedung PWI Kalsel, Banjarmasin, Jumat (5/10/2018).

Baca Juga :   Tim Futsal PWI Kalsel Tembus Partai Final

Safari jurnalistik ini, menurutnya adalah salah satu ikon PWI ke depan. Untuk itu, Atal meminta kepada pelaksana maupun narasumber agar untuk terus mengupgrade atau memperbarui setiap materi-materi.

“Saya minta materi-materi untuk selalu diupgrade sesuai dengan zaman ini,” ucapnya.

Mengingat, saat ini kita berada di jaman digital atau milenial yang mengharuskan para jurnalis juga ikut beradaptasi dengan perubahan zaman. “Jadi, ke depan PWI harus menjadi PWI zaman now, ” ucapnya.

Selain itu, Atal menuturkan, dalam pendidikan dan pelatihan kali ini, juga upaya, bagaimana merangsang para peserta, membangun niat tulus dan profesionalisme dengan mitra kerja, salah satunya PT Astra Internasional.

Menurutnya, dengan adanya PT Astra sebagai mitra sekaligus sponsor dalam event safari jurnalistik ini mendatang PT Astra dapat mengadakan lomba karya tulis tentang Astra yang melibatkan wartawan. Sehingga ke depan juara satu dari lomba tulis tersebut, karya tulisnya dimuat ke dalam majalah Astra Internasional.

Baca Juga :   Diskominfo Kotabaru Apresiasi Forum Nasional LPPL se-Indonesia

“Jadi dapat mendorong teman-teman jurnalis. Makanya mulai latihan dan perdalam soal itu. Karena semua ilmu baik usaha dan perusahaan kita harus tahu dan paham,” katanya.

Atal menginginkan, agar kegiatan pendidikan dan pelatihan seperti safari jurnalistik ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan merata ke seluruh pelosok Indonesia.

“Tiap tahun dilaksanakan, saya ingin ke depan ada pendidikan merata ke seluruh indonesia. Dan kegiatan ini pun harus bermanfaat buat teman-teman, karena ada materi yang bermanfaat,” pungkas Atal.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie menilai kegiatan safari jurnalistik ini juga bisa meningkatkan sember daya manusia (SDM) pengurus PWI dan wartawan lainnya, sebelum menuju uji kompetisi wartawan di penghujung 2018 nanti.

“Peserta yang mendapat sertifikat safari jurnalistik ini akan diprioritaskan mengikuti UKW pada November dan Desember mendatang,” pungkas Zainal Helmie.

Baca Juga :   Zainal Helmie Lantik Pengurus PWI Tanah Bumbu

Syahri Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here