Tingkatkan PAD, Dewan Dukung Lahan Pemkot Jadi Parkir Kontainer Pelindo III

2 min read
764

KabarKalimantan, Banjarmasin – Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali mendukung jika lahan Pemkot di Jalan Barito Ilir, Kelurahan Telaga Biru dikerjasamakan dengan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III Regional Kalimantan.

“Wacana kerjasama itu sudah dijajaki sejak 2017 lalu. Kalau bisa memang wilayah itu dibebaskan dan dijadikan lahan untuk parkir. Ini bisa menjadi tambahan PAD,”kata Matnor Ali kepada wartawan, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga :   KPU Percepat Pendataan, Coklit Bisa Melalui Video Call

Kerjasama ini kata Matnor, nantinya akan memberikan PAD yang cukup besar bagi Banjarmasin. Berbeda jika ada tukar guling antara lahan Pemkot di kawasan Pelabuhan Trisakti itu dengan lahan milik Pelindo III di Pelabuhan Martapura Lama.

“Tinggal diuruk dan dibikinkan parkir, tidak memerlukan biaya besar,”ujarnya.

Apalagi saat ini, ujar Matnor, Peraturan Daerah tentang RTRW pun telah disahkan, tentunya lahan milik Pemkot yang berlokasi di Kecamatan Banjarmasin Barat dan masuk dalam kawasan pergudangan itu perlu ada penataan.

Baca Juga :   PPP Diminta Sukses di Pilkada, Kader dari HST Ini Optimistis

“Kalau dalam aturan, kawasan pelabuhan juga tidak diperbolehkan ada pemukiman. Kalau seperti itu, warga yang di sana perlu dipikirkan. Bisa ganti rugi dan direlokasi ke tempat lain,”katanya.

Disisi lain, politikus Golkar ini menjelaskan, aturan tidak adanya pemukiman warga di sekitar pelabuhan mempunyai tujuan. Salah satunya untuk menghindarkan warga dari kemungkinan adanya dampak buruk yang akan ditimbulkan oleh aktivitas pelabuhan.

Baca Juga :   Penonton Wanita Kesurupan di Bioskop Duta Mall 

“Di pelabuhan berbagai macam barang masuk. Bisa saja ada bahan kimia. Itu akan membahayakan warga. Seperti di Surabaya dan Tanjung Priok, itu jauh dari pemukiman,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *