Jum. Jul 10th, 2020

Tingtkan Minat Baca, Pemkab Balangan Gelar Pekan Gemar Baca 

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan terus berupaya meningkatkan minat baca masyakat Bumi Sanggam.

Salah satu upaya untuk yang dilakukan ialah dengan melaksanakan Pekan Gemar Baca Tahun 2019 yang dipusatkan di Taman Sanggam, Paringin.

Pekan Gemar Membaca yang dibuka Selasa (27/8) tersebut, diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya lomba bercerita antar pelajar SD, lomba mewarnai antar pelajar TK dan kelompok belajar, serta bazar buku yang dilaksanakan selama satu pekan.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan, Mahyudi mengungkapkan, dilaksanakannya program rutin tahunan ini, sebagai upaya dalam membuat masyarakat menyukai buku.

“Kami akui, minat baca masyarakat Balangan ini masih kurang. Hal itu dapat dilihat dari kurangnya minat masyarakat dalam membeli buku dan kunjungan ke perpustakaan yang kita siapkan,” ucapnya.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, lanjut dia, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah pihak, di antaranya toko buku dari Yogyakarta dan perbankan.

Baca Juga :   Menjelang Pemilu, KPU Balangan Rekrut Relawan Demokrasi 

Asisten III Pemkab Balangan Hasmiati yang mewakili Bupati Balangan Ansharuddin dalam membuka kegiatan tersebut menyampaikan, membaca buku itu berbeda dengan membaca artikel di internet.

Ia menilai, dengan membaca buku, si pembaca dibawa untuk mendalami materinya, bahkan sangat tersedia ruang untuk mengulang-ulang sehingga pemahaman terhadap isi bacaan akan semakin komplit tanpa terpancing untuk berkomentar terlebih dulu.

“Dengan membaca buku, sebenarnya kita menggali bakat dan potensi diri, memacu peningkatan daya nalar, dan melatih konsentrasi. Kebiasaan membaca buku menghasilkan pemikiran yang mendalam, sekaligus melatih daya analisis pembacanya. Sehingga akan sangat bermanfaat dalam menghadapi permasalahan sehari-hari,” ujarnya menyampaikan sambutan bupati.

Ia menjelaskan, pada 2017–2021 telah dicanangkan sebagai tahun gerakan Balangan membaca. Pekan gemar membaca ini adalah bagian sekaligus pendukung gerakan tersebut, dan momennya pun harus dimanfaatkan.

“Untuk itu, Pak Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat, dan seluruh elemen di Kabupaten Balangan ini untuk terus meningkatkan dan menggalakkan kebiasaan membaca buku,” pungkasnya.

Baca Juga :   Operasi Antik Intan 2018, 10 Tersangka Kasus Narkoba Digulung

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.