TMMD 106 di Balangan Sasar Jalan Penyambung Desa Pedalaman Meratus

17

KabarKalimantan, Paringin -Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA 2019 Kodim 1001/Amuntai-Balangan sudah dimulai sejak Rabu (2/10/2019) kemarin.

Program bertujuan untuk kemajuan desa ini rencananya akan berlangsung selama satu bulan ke depan, yakni hingga 30 Oktober 2019.

Daerah sasaran TMMD di Kabupaten Balangan meliputi Dusun Mapat di Batu Sungkai, Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, sebuah komunitas adat terpencil dan terisolir, sehingga perlu dibangun akses jalan terdekat untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

Sasaran fisik pokok antara lain menimbun sirtu sepanjang jalan sekitar 3.554 meter dengan lebar 1,4 meter, tinggi 15 cm ditambah cor beton sepanjang jalan 3.554 meter lebar 1,6 meter dengan tinggi 15 cm.

Sasaran tambahan yakni bedah rumah sebanyak 2 unit, 1 unit untuk kegiatan bakti sosial, pengobatan massal, khitanan massal, donor darah, pelayanan KB dan pasar murah.

Kegiatan tersebut bahkan langsung dipantau oleh Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol inf Ali Ahmad Satriyadi bersama Bupati Balangan H Ansharuddin.

Mereka rela menginap di pedalaman Pegunungan Meratus ini sejak 2-3 Oktober untuk turun ke lapangan melakukan peninjauan langsung proses pembuatan jalan dan bedah rumah yang dikerjakan oleh satgas TMMD ke-106.

“Kegiatan TMMD ini untuk meningkatkan kesejahteraan, pemerataan pembangunan serta untuk membantu memecahkan kesulitan sosial yang dihadapi masyarakat khusungnya masyarakat pedalaman Balangan ini,” ucap Letkol inf Ali Ahmad Satriyadi.

Kegiatan TMMD, katanya, berupa fisik dan non fisik. fisiknya berupa pembuatan jalan baru penyambung desa dan perbaikan rumah tidak layak huni serta tempat ibadah.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan fisik yang dilakukan dalam TMMD ini merupakan sasaran yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan harapan apa yang dikerjakan oleh Kodim 1001 Amuntai-Balangan bersama pemkab manfaatnya benar-benar bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

“Kita akan lakukan yang terbaik untuk rakyat. Yang terpenting adalah terjalin hubungan yang baik antara TNI dan masyarakat dan terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat,” ucapnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here