TMMD ke-101, Kodim 1022/TNB Buat Jalan di Lahan Rawa

285

KabarKalimantan, Batulicin – Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu H Sudian Noor membuka kegiatan pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-101 Kodim 1022 TNB di Lapangan Sepakbola Kelurahan Batulicin, Rabu (4/4/2018).

Kegiatan TMMD ke-101 di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu kali ini difokuskan untuk menggarap bangunan fisik jalan di tanah rawa, yakni pembuatan jalan sepanjang 3 kilometer dengan lebar 15 meter dari Kelurahan Batulicin ditembuskan ke Jalan Ingub, Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat.

“Pembuatan jalan tembus ini kami rasa sangat berfungsi sekali bagi masyarakat, karena dapat menghubungkan kelurahan Batulicin yang ada di Kecamatan Batulicin dan desa Barokah yang berada di wilayah Kecamatan Simpang Empat,” kata Dandim 1022/TNB Letkol Czi Andy Setiawan kepada wartawan Kabar Kalimantan.

Andy mengatakan, pada TMMD kali ini Kodim 1022/TNB menerjunkan 150 personel untuk membuka akses jalan tembus tersebut, yang terdiri dari anggota TNI AD, AL, AU, Polri dan juga dibantu masyarakat setempat. “Di lokasi itu, juga akan dibangun jembatan panjang. Sebab, jalur yang dibuka tersebut terdapat sejumlah anak sungai,” jelasnya.

Ia membeberkan, pengerjaan pembuatan jalan tembus antar desa dalam kegiatan TMMD itu akan diselesaikan dalam kurun waktu 28 hari, yang dimulai setelah pembukaan ini dan akan berakhir pada 2 mei 2018.

Sementara itu, Pgs Dandrem 101 Antasari Kolonel Kav Harfuddin mengatakan, pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia ini meliputi pelaksanaan pembangunan sisik dan non fisik.

“Biaya pelaksanaan program TMMD pada tahun ini bersumber dari dana APBD 2018 Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sebesar Rp 1,5 miliar dan ada juga suntikan dana dari Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD) TNI sejumlah Rp 367 juta,” kata Harfuddin.

Dalam pelaksanaan TMMD ke-101 ini, Kodim 1022/TNB juga membuka pelayanan kesehatan gratis berupa sunatan massal, pembuatan SIM gratis, pengobatan gratis dan juga pembagian sembako kepada sejumlah masyarakat Batulicin dalam acara pembukaan TMMD tersebut.
SLAMET RIADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here