TNI-AD Gembleng Narapidana se-Kalsel

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kemenkumham Kalsel dan Komando Resor Militer (Korem) 101/Antasari mulai menggembleng dan membina kesadaran bela negara terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lapas dan rutan se-Kalimantan Selatan. Kemenkumham Kalsel mengawali pembinaan bela negara narapidana di Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Imam Suyudi, mengatakan pendisiplinan kesadaran bela negara sebagai upaya mengatasi over crowded di lapas dan rutan. Imam sengaja menggandeng Korem 101/Antasari karena percaya kelebihan kapasitas mesti diikuti dengan pembinaan ketahanan mental narapidana.

“Bukan dari aspek pengurangan kuantitas hunian,” kata Imam Suyudi ketika mengawali aksi baris berbaris di Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Kamis (31/8/2017).

Menurut Imam, TNI-AD bertugas menggembleng narapidana dengan cara apel bela negara, upacara kesadaran nasional setiap tanggal 17, latihan baris berbaris, menyanyikan lagu nasional dan daerah, dan permainan olahraga tradisional.

Melalui aksi implementasi bela negara, Imam Suyudi yakin bisa memacu narapidana meningkatkan rasa kebersamaan, semangat wawasan kebangsaan, membangun disiplin, tanggung jawab, membentuk kesadaran berinteraksi sosial, kelompok, dan cinta terhadap negara.

“Agar selama berada di dalam lapas, narapidana senantiasa berkelakuan baik dan setelah bebas nantinya dapat berinteraksi secara sehat dengan lingkungan masyarakatnya,” ujar Imam Suyudi. Imam mengatakan TNI-AD nantinya bertugas membina narapidana pada semua lapas dan rutan se-Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Imam Suyudi didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Anas Saeful Anwar, bertandang ke Komandan Korem 101/Antasari, Kolonel Arm M. Syafei Kasno, Rabu (30/8/2017).

Sinergitas Kemenkumham Kalsel dan Korem 101/Antasari, sejatinya sudah terjalin dalam sejumlah kegiatan, seperti pelaksanaan penerimaan CPNS Tahun 2017 dan pelibatan dalam pengawasan orang asing.

M. Syahbandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here