Sen. Agu 3rd, 2020

Total 819 Kasus, Kalsel Jadi Daerah Kedua Terbanyak Sebaran Covid-19 di Indonesia

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Selatan menunjukkan peningkatan yang sangat drastis. Per Kamis (28/5/2020) ini, ada penambahan sebanyak 116 kasus, hingga total keseluruhannya berjumlah 819 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalimantan Selatan M Muslim mengatakan, penambahan 116 kasus pasien terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kota Banjarmasin dan Banjarbaru

“102 kasus dari hasil tracing yang dilakukan pada 18 Mei lalu, 10 PDP dari Banjarmasin, dan 4 PDP dari Kota Banjarbaru,” kata Muslim saat menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kalsel.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini menambahkan, sebanyak 819 kasus positif tersebut terdiri dari 666 dalam perawatan di rumah sakit maupun karantina khusus, 81 kasus sembuh, dan 72 kasus meninggal.

“Pasien terkonfirmasi positif dalam perawatan di rumah sakit ada 133 kasus. Sedangkan yang menjalani karantina khusus ada sebanyak 533 kasus,” ucapnya.

Baca Juga :   Bupati Kotabaru Tinjau Posko Cegah Tangkal Covid-19 di Perbatasan Kalsel-Kaltim

Muslim menilai, menyikapi berbagai permasalahan yang ada saat ini, Tim GTPP Covid-19 Kalsel akan memfokuskan upaya untuk memasifkan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) kepada masyarakat secara humanis dan bersinergi bersama unsur-unsur TNI, Polri, Satpol PP Kota Banjarmasin serta Satpol PP Provinsi Kalsel dengan menerjunkan 324 personil yang dikonsentrasikan melakukan edukasi di 38 pasar tradisional yang ada di kota Banjarmasin.

“Mudah-mudahan upaya ini memberikan pemahaman dan perubahan terhadap perilaku masyarakat, terutama di tempat keramaian seperti pasar agar pedagang dan pengunjung betul-betul memahami dan melaksanakan pencegahan penularan Covid ini,” pungkasnya.

Selain menyampaikan kasus terkonfirmasi positif baru, Muslim juga membeberkan jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kalsel yang saat ini ada sebanyak 916 dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 171 kasus.

Sekedar informasi, Provinsi Kalsel menduduki peringkat kedua terbanyak kasus Covid-19 di Indonesia setelah Provinsi Jawa Timur dengan 171 kasus.

Baca Juga :   PDP Ulin 14 Asal HSS Negatif Covid-19

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.