Kam. Okt 1st, 2020

TP-PKK Kotabaru Lakukan Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Iva Test

1 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – TP-PKK Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas dan IBI Kotabaru untuk kembali mamberikan pelayanan pemeriksaan kanker serviks gratis di Polindes Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kamis (17/9/2020).

Pemeriksaan yang dilakukan ini diikuti empat orang masyarakat dan nantinya akan disusul masyarakat lainnya secara bertahap, sebelumnya telah melakukan rapid test dan melaksanakan protokol kesehatan, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.

Untuk Kabupaten Kotabaru, pemeriksaan iva test ini ada sebanyak 750 yang dilaksanakan mulai dari September hingga Desember 2020, yang disebar ke seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Pulau Laut Sigam Sri Halimatus Sa’diah juga memberikan edukasi tentang pentingnya deteksi dini kanker leher rahim, terutama untuk menyelamatkan kaum perepuam dari penyakit mematikan tersebut.

“Pemeriksaan kanker serviks ini untuk mendeteksi kanker secara dini, agar penderita yang positif kanker leher rahim itu segera mendapatkan penangan medis. Karena, kanker leher rahim memiliki gejala yang minim, sehingga hanya dapat dirasakan ketika sudah memasuki kategori parah,” jelasnya.

Ia mengatakan, pendeteksian kanker serviks ini juga dapat dilakukan di Puskesmas, Polindes ataupun bidan di kecamatan masing-masing, dan pemeriksaan akan berlangsung singkat dengan hasil yang akurat.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.