Jum. Agu 7th, 2020

TP-PKK Kotabaru Tingkatkan Kapasitas Kader Dasawisma

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kotabaru menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Kader Dasawisma angkatan I tingkat Kabupaten Kotabaru di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Selasa (28/7/2020).

Kegiatan yang dihadiri Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayef Jafar, Wakil Ketua III Hj Siti Aisyah, Wakil Ketua IV Hj Syarifah Noor Jannatun Nikmah dan Sekretaris TP PKK Kotabaru Hj Rakhmawaty serta seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Kotabaru itu diikuti puluhan kader PKK dan Dasawisma se-Kabupaten Kotabaru.

Ketua TP-PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar mengungkapkan, peningkatan kapasitas Dasawisma ini dilakukan secara bergiliran.

“Kegiatan ini berisikan tentang pembinaan PKK khusus kelompok Dasawisma dalam melihat potensi kecamatan, desa dan kelurahan dengan pemanfaatan lahan untuk kebun Dasawisma,” ungkap Fatma Idiana.

Sslain itu, peningkatan potensi kerajinan dan pelatihan kader Dasawisma ini dilaksanakan agar mampu melakukan pendataan dan pencatatan warganya.

“Dasawisma merupakan kelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 kepala keluarga yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Program yang dijalankan berupa pengumpulan data, kuesioner, tertib administrasi dan hasilnya nanti akan diteruskan ke TP PKK Kabupaten yang dilakukan oleh ketua Dasawisma,” jelasnya.

Dijelaskannya, Dasawisma telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari PKK. Pasalnya, Dasawisma merupakan miniatur PKK yang direalisasikan dalam kelompok organisasi yang bagiannya terdiri dari 10-20 KK dalam satu wilayah RT.

Hal ini wajib diketahui seorang ketua TP-PKK dengan tujuan membantu TP PKK kecamatan, kelurahan dan desa melalui pelaksanaan program PKK yang akan ditetapkan dengan surat keputusan ketua (SK) TP-PKK Kabupaten.

Masih menurut Fatma Idiana, kelompok Dasawisma memiliki banyak manfaat di berbagai macam sektor, baik di bidang pemerintahan maupun di bidang pembangunan. “Kegiatan peningkatan Dasawisma ini tidak hanya satu kali kami lakukan, akan tetapi akan menjadi agenda rutin dalam satu bulan,” ucapnya.

Oleh karena itu, Fatma Idiana berharap, peran Dasawisma sebagai unit terkecil PKK mampu mengguggah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi seperti dalam hal upanya peningkatan kesejahtraan keluarga.

“PKK bukanlah tempat arisan dan pengajian saja, akan tetapi sebagai wadah pemberbayaan bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan,” tandasnya.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.