Sel. Jan 19th, 2021

TPA Bakunci Memiliki Mesin Pengolahan Sampah

1 min read

PELAIHARI, KK – Ir Riyadi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut (Tala) mengatakan, saat ini Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Bakunci wilayah itu, memiliki mesin pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik.

“Mesin pengolahan sampah organik di TPA Bakunci tersebut baru beroperasi awal tahun 2017,” ujar Kadis Tata Kota dan Lingkungan HIdup Tanah Laut Riyadi, di Pelaihari, Kamis (19/1/2017).

Menurut dia, keberadaan mesin pengolah sampah organik sangat membantu TPA Bakunci karena sampah organik yang selama ini hanya bisa diolah secara manual sekarang sudah melalui mesin yang kapasitasnya lebih banyak dibandingkan manual.

Mesin pengolah sampah organik tersebut, dalam satu harinya mampu mengolah sampah organik dari sampah Pasar Pelaihari sebanyak tujuh ton lebih.

Tentu saja, keberadaan mesin pengolahan sampah organik tidak saja membantu pengolahan sampah, namun keberadaannya dapat memberikan manfaat untuk penghasil pupuk organik.

“Keberadaan mesin pengolahan pupuk organik dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan nilai Adipura Tala,” tegasnya.

Selain pengelolaan sampah organik, ucap Riyadi, TPA Bakunci juga melakukan pemilahan terhadap sampah plastik yang bisa dimanfaatkan untuk daur ulang.

Sampah plastik yang dapat di daur ulang dibersihkan, setelah bersih dikumpulkan dan dijual kepada pedagang yang memanfaatkan daur ulang plastik tersebut.

Riyadi berharap dengan adanya mesin pengolahan sampah organik dapat memberikan dampak positif bagi kebersihan lingkungan dan memberikan manfaat bagi Tala.

Bahkan berdasarkan pantauan jurnalis Kabar Kalimantan bukan hanya mesin pencacah dalam skala besar akan tetapi mesin sampah untuk menjadikan bahan bakar minyak seperti solar. ned⁠⁠⁠⁠

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.