Trenyuh Kapolda dengan Kondisi Siti Fatimah

Kondisi Siti Fatimah, 10 tahun, bocah yang terbaring lemas di ruang anak Tulip RSUD Ulin akibat menderita kanker darah dan kanker tulang, dan hanya didampingi sang kakak Maswi, 12 tahun, sepertinya membuat prihatin banyak pihak.

Wartawan Eddy Khairuddin/M Syahbandi

TAK terkecuali Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana. Rasa trenyuh menyentuh jiwa orang nomor satu di Polda Kalsel itu. Selasa (29/8) ia menyempatkan diri menjenguk Siti Fatimah, bocah asal Desa Bihara RT 03, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan itu di RSUD Ulin Banjarmasin.
Kedatangan Brigjen Rachmat Mulyana pun disamput senyum kedua bocah kakak beradik yang hingga kini masih berdua di rumah sakit tanpa didampingi kerabat itu. Sebelumnya, Maswi bocah berusia 12 tahun asal Balangan harus rela meninggalkan bangku sekolah untuk menjaga sang adik yang tengah dirawat di RSUD Ulin. Ia pun sementara harus ‘absen’ di SDN Nungka, bocah asal Desa Bihara RT 03 Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan.
Keadaan Siti Fatimah sendiri hanya bisa terbaring lemas di ruang anak Tulip RSUD Ulin. Itu setelah kanker darah (leukimia) dan kanker tulang tampaknya membuat Kapolda Brigjen Rachmat Mulyana trenyuh, kala menjenguknya.
Didampingi Kapolresta Kombes Anjar Wicaksana, Kepala KPL Kompol Susi, Rachmat begitu masuk ruang perawatan Siti langsung mendekatinya. Layaknya bapak kepada seorang anak yang sangat disayang, Rachmat pun memegang kening sembari mengucapkan agar Fatimah cepat sembuh.
Sementara sang kakak Maswi tampak setia mendampungi sang adik. Kapolda Brigjen Rachmat Mulyana mengatakan, ia mengetahui soal bocah penderita kanker ini berawal dari sosial media. “Begitu mengetahui bocah ini menjaga dan mengurus sang adik sendiri, hati saya terketuk terlepas dari atribut saya sebagai Kapolda, saya ikut merasakan keperihatian,” paparnya.
Rachmat mengiyakan ada sedikit bantuan ala kadarnya yang ia berikan kepada bocah penderita kanker ini. “Semoga bermanfaat dan semoga diangkat Allah SWT penyakitnya,” papar Rachmat.
Pada kesempatan itu, selain menjenguk Maswi dan Siti Fatimah, Kapolda juga menyempatkan menjenguk anak-anak yang tengah dirawat. Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana S, SIK, MAP juga memberikan santunan kepada Maswi yang menjaga adiknya Siti Fatimah, penderita Leukimia dan Kanker Tulang. Ketrenyuhan Kapolda dan keprihatinan Kapolresta melihat fakta bahwa Maswi dan Siti Fatimah tak lagi punya rumah tempat tinggal yang terbakar di Balangan.
Kepada 25 orang pasien lainnya yang menderita penyakit yang sama dengan Siti Fatimah, Kapolda memberi santunan yang sama terhadap anak-anak lainnya yang merawat di RSUD Ulin. Kapolda Kalsel berharap, agar anak-anak yang dirawat mendapat pelayanan dengan baik. Sehingga kondisi anak-anak dapat terus membaik dan mendapat asupan gizi yang tercukupi.
“Kami akan segera berkoordinasi dengan jajaran Dinas Kesehatan untuk segera membantu para pasien, seperti anak-anak ini untuk menghadapi Siti Fatimah yang menderita Leukimia dan kanker tulang,” tambah Kapolda.
Jenderal bintang satu itu pun meminta kasus Siti Fatimah dan Maswi ini harus menjadi perhatian bersama. Saat saat ada informasi bisa segera mendapat tindakan cepat, pemerintah daerah wajib mempercepat penanganan dan tindakan. Misalnya, tidak terlambat di bawa ke rumah sakit.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here