Tumbang Gara-Gara Seorang Pelanggan

1920

Bisnis haram M Fazri gara-gara tergiur pernyataan dua pelanggan obat terlarang. Diciduk polisi karena pembeli yang datang berkali-kali.

Wartawan Eddy Khairuddin

FAZRI ditangkap pihak Polsekta Banjarmasin Tengah di Jalan Niaga Timur, Pasar Cempaka, Banjarmasin Tengah. Ia ditangkap atas tuduhan kepemilikan pil Carnophen yang ditemukan di kediamannya, Jum’at (7/7) sekitar pukul 21.30 Wita.
Pria 49 tahun warga Jalan Kelayan B, Gang Kurnia, RT 02, Banjarmasin Selatan ini berbisnis barang haram itu membuat warga resah. Tak ingin korban bertambah, warga melaporkannya ke polisi. Bisnis itu sebenarnya membuat Fazri merugi, dan mendekam dalam bui.
Kisah sialnya lebih dulu dimulai dari diamankannya dua orang pelanggan. Dua pelanggan yang diringkus polisi ini mengaku sudah beberapa kali membeli Carnohen di tempat Fazri. “Udah kedua kalinya kami membeli di sana,” ujar RD, 21 tahun kepada polisi.
Nyanyian RD inilah yang meyakinkan polisi bahwa Fazri pengedar. Polisi menyelidiki. Apalagi informasi RD, satu paket. Satu pekat dengan menunjukkan lokasi pemilik ratusan Carnophen itu berada. Tanpa perlawanan Fazri pun digelandang.
Polisi menemukan ratusan butir pil Carnophen saat Fazri diringkus dan digeledah. Fazri menyerah, tak bisa mengelak. Ia dan mengakui barang-barang ‘fly’ yang ditemukan itu miliknya. Kompol Uskiansyah mengungkapkan penangkapan Fazri bersama barang bukti ratusan ‘pil jin’.
Mewakili Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana, Senin (10/7), ia berujar bahwa pihaknya mengamankan pelaku dengan barang bukti ratusan pil Carnophen. “Dari Fazri, kami menyita ratusan butir pil Carnophen saat penggeledahan,” ujar pria berkumis itu. Ada 175 butir pil Zenith, 677 butir pil dextro, dan 14 butir pil calmitason, yang diamankan polisi.
Pelaku dianggap sengaja melawan hukum, memroduksi atau mengedarkan sediaan farmasi tanpa izin edar. Terhadap Fazri, Kompol Ukiansyah menerapkan Pasal 197 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Sanksinya, ya pidana kurungan penjara.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here