Tunggakan Sewa Lapak Pedagang Pasar Batuah ‘Membengkak’

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

KabarKalimantan, Martapura – Siapa yang menyangka, perputaran ekonomi yang ramai lancar di Pasar Batuah Martapura justru meninggalkan tunggakan biasa sewa. Tidak sedikit pedagang Pasar Batuah yang belum melunasi sewa toko, kios, bahkan lapaknya.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PD Pasar Batuah Rusdiansyah membeberkan, persoalan tersebut masih disikapi dan didiskusikan dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar agar mendapatkan solusi dan titik terang penyelesaian masalah utang-piutang pedagang.

“Kami sudah meminta bantuan dari kejaksaan untuk mendampingi persoalan ini ke jalur sebagaimana mestinya. Sesuai prosedur lah, jangan sampai tagihan ini menjadi kerugian yang menyulitkan kami di PD Pasar Batuah dan memberatkan para pedagang,” ujar Rusdiansyah, Rabu (18/7/2018).

Ia membeberkan, sejumlah kios dan lapak pedagang di Pasar Batuah nunggak bayar sewa selama satu tahun lamanya, bahkan ada yang lebih. Jika mengacu pada kontrak perjanjian batas waktu, lanjutnya, maka ada dasar hukum yang memberikan tindakan tegas atau memutus kontrak izin menempati toko, kios atau lapak pedagang yang menunggak di Pasar Batuah.

Baca Juga :   Ribuan Ikan Tambak Desa Sungai Alang Mati Kekurangan Oksigen

“Memang ada disebutkan deadline kelalaian pembayaran sewa selama dua tahun. Jika lewat dari waktu bisa saja akan ada putus kontrak sewa. Namun belum sampai dua tahun kami sudah memberikan peringatan baik itu secara tertulis maupun secara panggilan,” ujarnya.

Disebutkan Rusdiansyah, pihaknya sudah sering melakukan penjelasan kewajiban dalam membayar sewa agar pihak kelolaannya menjadi baik di masa mendatang. Karena ini bagian dari fungsi profesionalitas agar sesuai dengan harapan pemerintah daerah.

“Saya mengimbau kepada para pedagang di Pasar Batuah bisa perhatian akan hal ini. Karena bagian dari kewajiban mereka, agar tidak lagi terjadi penunggakan bahkan sampai bertahun-tahun,” katanya.

Ananda

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here