Sel. Des 1st, 2020

Tutup Tahun, DPRD Keluarkan 6 Perda

2 min read

BANJARMASIN, KK – Di pengujung 2016 ini, 6 Raperda hasil kerja Pansus DPRD Kota Banjarmasin disahkan menjadi Perda Kota Banjarmasin. Dari enam produk hukum baru ini, salah satunya memuat  Perda tentang Perlindungan Anak Terlantar.

Menurut Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Jumat (30/12/2016), pembinaan terhadap anak jalanan sangat perlu dilakukan, karena Kota Banjarmasin merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang terbuka untuk segala hal.

“Anak terlantar dan anak jalan itu perlu dilakukan pengelolaan, jangan sampai nantinya di Kota Banjarmasin terjadi booming anak terlantar dan anak jalanan,” ujarnya usai Rapat Paripurna DPRD Kota Banjarmasin di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kota Banjarmasin.

Politisi PKS ini menjelaskan, selama ini pembinaan terhadap anak terlantar dan anak jalanan agar mereka kembali bersekolah, sudah sering dilakukan jajaran Pemkot Banjarmasin sebagaimana mottonya Kayuh Baimbai. Namun, mengingat anak-anak jalanan dan terlatar itu datangnya tidak hanya dari dalam kota saja, maka diperlukan sikap yang lebih bijaksana dalam penanganannya.

Dengan adanya 6 Perda baru tersebut, Ibnu berharap dukungan dari seluruh SKPD serta seluruh komponen masyarakat. “Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran DPRD Kota Banjarmasin, yang telah bekerja secara maraton dalam menyelesaikan Raperda tersebut. Keenam buah Raperda itu semuanya penting. Tujuannya, agar semuanya ada kepastian hukum. Saya meminta SKPD untuk mendukungnya,” katanya.

Sementara itu, anggota Pansus DPRD yang membahas Raperda Perlindungan Anak Terlantar, Hj Jumiati SH menyatakan, Raperda tersebut merupakan upaya memberikan perlindungan untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan anak. Maka dengan adanya Raperda tersebut, merupakan bentuk pertanggung jawaban pemerintah dalam menyediakan fasilitas dan aksesibilitas bagi anak, terutama dalam menjamin pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal dan terarah.

Kegiatan yang dihadiri seluruh kepala SKPD lingkup Pemkot Banjarmasin ini, dirangkai dengan penandatangan persetujuan penetapan 6 Raperda menjadi Perda, antara Wali Kota Banjarmasin dengan Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Iwan Rusmali. bur/ara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.