UKM Balangan Dilatih Membuat Amplang

93
UMK di Balangan dilatih membuat krupuk amplang. Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigraai Kabupaten Balangan melalui Bidang Pemberdadayaan Masyarakat Transmigrasi terus melakukan pengembangan ketrampilan untuk pelaku usaha dibalangan.

Salah satu program yang dilakukan yakni swangan mengadakan pelatihan keterampilan tentang pengolahan ikan lokal lele dan haruan sesuai potensi SDA lokal setempat menjadi makanan berupa Amplang.

Kabid Transmigrasi, Budi Satriansyah,S. Sos sebagai pelaksanan program pelatihan teraebut mengaku pelatihan tersebut sebagai upaya untuk mendorong peningkatan Kelompok UKM yang sudah ada dan bermacam macam roduk makanan olahan lainnya yg sudah dipasarkan.

“Pelaku UKM ini perlu kita tingkatkan ketrampilannya, agar dari produk yang mereka hasilnya mampu bersaing dipasaran baik produk okal maupun dengan produk luar,”Ucap Budi, disela sela pelatihan olahan bahan ikam, Rabu (10/1/2018).

Agar hasil yang dicapai maksimal, panitia mendatangkan narasumber dari lembaga pelatihan mandiri CASHEILA FOOD industri pengolahan ikan Banjarbaru yaitu M.Ryan Perdana dan Anna Maulina yg punya krebilitas dan sudah menghasilkn Beberapa UKM dan produknya merambah sampai pelosok nusantara.

Dalam kesempatan lain, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Balangan, H Haryono, S. Pt, M. AP mengatakan bahwa UKM merupakan sektor yang menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraan bagi pelakunya, dan pertumbuhan ekonomi disekitar usaha tersebut.

“Hasil pelatihan yang kita laksanakan ini, bukan hanya mampu menambah pengasilan pelakunya saja namun tentunya akan mampu menambah PAD kita,” ucap Haryono kamis (11/01/2018).

Selain itu, dia juga yakin hasil olahan baru yang diciptakan pelaku usaha yang sudah terlatih bisa menciptakan ikon produk olahan ikan mewakili ciri khas kabupaten balangan.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here