ULM dan Bank Kalsel Teken MoU Tri Dharma

1155

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sebagai sesama lembaga yang berkepentingan ikut serta mendukung pembangunan daerah, Universitas Lambang Mangkurat (ULM) Banjarmasin dan Bank Kalsel memperkuat hubungan kerjasama.

Kerjasama yang dibangun sesuai dengan pedoman perguruan tinggi yang disebut Tri Dharma. Itu meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Meski sebelumnya sudah menjalin kerjasama, hal tersebut diperkuat dengan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani kedua belah pihak pada Jumat (28/6/2019) siang.

Kedua lembaga tentunya sama-sama mendapat untung dari kerjasama tersebut. ULM sebagai kampus tertua di Kalimantan bisa dengan mudah menggunakan layanan Bank Kalsel, sebaliknya bank milik daerah ini lebih mudah untuk mencari tenaga-tenaga terpercaya yang bisa diberdayakan.

“Kami perlu keahlian akademisi untuk penelitian. Fokus kami juga mendapat talenta muda untuk bergabung dengan Bank kalsel,” ujar Direktur Utama Bank Kalsel Agus Sabarudin.

Baca Juga :   Wakil Rektor I ULM Sayangkan Bidikmisi ULM Kosong

Selain itu, ujar Agus, kerjasama ini bertujuan untuk mendorong ketahanan pangan. Ia menilai hal ini juga sesuai dengan visi ULM dalam pemberdayaan lahan basah.

ULM baru saja menunjukkan keberhasilannya. Lahan yang digarap ULM di Jejangkit dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) lalu, satu-satunya yang berhasil panen.

“Di lahan basah bisa menghasilkan sekitar 6 ton tiap tahun. Ini langkah yang bagus untuk didukung,” ujar Agus.

Dengan demikian, Agus berharap Bank Kalsel bisa ikut serta mendorong hal tersebut, mengingat Kalimantan menjadi target baru penempatan ibukota negara. Ketersediaan pangan harus disiapkan.

Sementara itu, Rektor ULM Prof Sutarto Hadi menilai kerjasama tersebut sangat strategis. ULM sebagai kampus kebanggaan Kalsel sudah mengantongi akreditasi A. Bank Kalsel sebagai salah satu kebanggaan Banua diharapkan bisa sejajar dengan bank swasta lainnya.

Sutarto juga menjelaskan, ULM saat ini telah banyak mengeluarkan produk. Dengan kerjasama dengan bank kebanggaan Banua tersebut, produk yang diciptakan ULM bisa diproduksi secara massal.

Baca Juga :   Miliaran Rupiah Setoran Pajak Bando Mengendap di Bank?

“Bank Kalsel memberi wadah untuk berkiprah. Itu bisa dimanfaatkan untuk masyarakat,” katanya.

Reporter : M Ali Nafiah Noor
Redaktur : Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here