Sel. Mar 31st, 2020

Uniska Gelar Lomba Baca Puisi Bertemakan Kepahlawanan

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) menggelar Lomba baca puisi untuk pahlawan di halaman Kampus Uniska Banjarmasin, Senin (18/11/2019).

Kegiatan yang bertajuk Lomba Baca Puisi Perjuangan Provinsi Kalimantan Selatan memperingati Hari Pahlawan 10 November ini megusung tema “Perjuangan Belum Selesai” diikuti 83 peserta dengan kategori pelajar dan mahasiswa se- Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Heriansyah mengatakan, kegiatan ini adalah suatu bentuk kerjasama antar pemerintah provinsi dengan perguruan tinggi, dalam rangka memperingati hari pahlawan.

Menurutnya, puisi bukan hanya sekadar untuk dibaca, tetapi untuk direnungi makna dari puisi-puisi yang dibacakan. “Saya berharap melalui lomba puisi ini akan membuka ruang-ruang dalam diri kita untuk mewujudkan bakat dan rasa cinta terhadap pahlawan kita, serta dapat menumbuhkembangkan bakat terpendam lomba baca puisi dan meningkatkan budaya lokal di Kalsel,” kata Heriansyah.

Sementara itu, Rektor Uniska MAB Abdul Malik menuturkan, kegiatan ini untuk mengingatkan semua bahwa perjuangan belum selesai, dan mendorong generasi milenial agar dapat memberikan inspirasi mengisi kemerdekaan kepada rekan sesamanya melalui puisi bertema kepahlawanan.

“Dulu puisi digunakan untuk memberikan inspirasi dan motivasi oleh para pahlawan selama berperang, saat ini kita gunakan puisi untuk memberikan inspirasi kepada pemuda-pemudi untuk mengisi kemerdekaan hasil dari perjuangan pahlawan kita,” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua Yayasan Uniska MAB Gusti Irhamni mengungkapkan, kegiatan ini keinginan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin agar perguruan tinggi tak hanya mengerjakan atau memikirkan fisik-fisik saja. “Jadi ada keseimbangan dan sinergitas antara fisik dan seni,” pungkas Gusti Irhamni.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.