Uniska MAB Mewisuda 1.037 Wisudawan dan Wisudawati

26

KabarKalimantan, Banjarmasin – Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al-Banjari (MAB) Banjarmasin mewisuda 1.037 mahasiswanya di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Rabu (15/1/2020).

Rektor Uniska Banjarmasin Abdul Malik mengatakan, dalam wisuda ke XLI ini, Uniska mewisuda sebanyak 2.072 wisudawan dan wisudawati dari 9 fakultas, 20 Program Studi Sarjana, dan 4 Program Pascasarjana atau Program Studi Magister. “Wisuda ini akan kami laksanakan menjadi dua hari yakni, 15-16 Januari ,” katanya.

Malik menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan jumlah pengangguran di Indonesia mengalami peningkatan, ditambah dengan jumlah lulusan perguruan tinggi yang juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Hal tersebut menyebabkan persaingan di dunia kerja semakin ketat,” ucapnya.

Untuk itu, Malik meminta kepada seluruh alumnus Uniska Banjarmasin untuk bisa berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja yang baru.

“Mahasiswa harus bisa mencari dan mengeskpor setiap peluang yang ada di tengah tantangan era digitalisasi saat ini, selain itu niat dan nyali yang besar juga diperlukan untuk menciptakan lapangan kerja yang baru,” kata Malik.

Baca Juga :   Guntur Prawira Anggap Golkar Saudara Tua

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang hadir dalam wisuda Unisk aini mengatakan, jika para wisudawan dan wisudawati memiliki kualitas, maka mereka harus bisa beradaptasi di masa akan datang agar tidak bingung dalam mencari pekerjaan.

“Kalau perlu Anda yang menciptakan pekerjaan. Semua itu bisa asal ada semangat yang tinggi, yakin dan terus bergerak,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Paman Birin yang merupakan alumni Uniska ini berharap, kelulusan para sarjana ini tidak hanya memiliki kualitas intelektual tetapi juga memiliki kualitas spiritual. “Saya bangga pernah belajar dan bekuliah di Uniska. Saya bangga menjadi alumninya. Semoga alumninya bisa jadi lebih dari gubernur, kalau perlu jadi presiden,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga memberikan hadiah kepada dua wisudawati yang meraih IPK 4,00 yakni Farida Kusuma Wardhani, Magister Ilmu Komunikasi dan Niti Lestari, Magister Manajemen.

Baca Juga :   Manis, Tebal serta Miliki Bau Khas, Papakin Balangan Juara 3

“Meraih nilai IPK 4,00 itu tidak mudah. Oleh karena itu, saya apresiasi dengan menghadiahkan umrah bagi mereka,” pungkas Paman Birin.

Repoetr: Syahri Ramadha
Editor: Suhaimi Hayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here