Kam. Apr 9th, 2020

Update Kasus Covid-19 di Kalsel, ODP Meningkat, PDP Berkurang

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ada dua kabar terkini mengenai kasus Covid-19 di Kalsel. Kabar buruknya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kalimantan Selatan kian meningkat, sementara kabar baiknya jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berkurang.

Juru bicara yang juga Sekretaris Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan (P3) Covid-19 Kalimantan Selatan, M Muslim mengatakan, dari data di tiap kabupaten/kota di Kalsel untuk jumlah ODP ada 899 orang.

“Jumlah itu menunjukkan bahwa upaya tracking kontak untuk melakukan pencarian terhadap kriteria ini begitu masif dilakukan,” kata Muslim saat menyampaikan hasil data Covid-19 di Kalsel, Kamis (26/3/2020).

Muslim menuturkan, saat ini untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah berkurang. Dari 7 PDP menjadi 6 PDP. “Karena memiliki hasil yang negatif dan bisa dipulangkan. Sedangkan untuk pasien yang terkonfirmasi hingga saat ini masih 1,” ucap Muslim.

Baca Juga :   Satu Lagi PDP Kalsel Meninggal Dunia

Muslim menerangkan, kondisi 6 PDP yang masih dirawat saat ini, dijelaskannya, untuk kondisi pasien dengan kode Ulin 9 masih agak sesak nafas, tetapi menunjukkan kondisi stabil. Sementara pasien dengan kode Ulin 10 sudah tidak lagi sesak nafas walau ada batuk sedikit. Sedangkan Ulin 11 kondisinya stabil, Ulin 12 masih terlihat lemah dan mual, namun menunjukkan ke arah perbaikan. Ulin 13 nampak stabil, tidak ada lagi demam, dan sakit tenggorokan namun fisik nampak masih lemah, dan Ulin 14 demam sudah tidak ada, namun masih batuk dan sesak nafas.

“Kondisi PDP saat ini berdasarkan perawatan yang disampaikan tim dokter RSUD Ulin. Dan sampai saat ini PDP ada 6 dan 1 pasien terkonfirmasi yang dalam perawatan kondisinya juga makin membaik,” kata Muslim.

Selain menyampaikan perkembangan Covid-19 di Kalsel, Muslim juga mengingatkan dan menyampaikan kembali arahan yang disampaikan oleh Gubernur Kalsel, bahwa upaya yang terpenting dalam situasi saat ini dengan terus melakukan jaga jarak dan berdiam diri di rumah, kecuali ada hal-hal yang sangat urgent atau sangat penting.

Baca Juga :   Tim Gugus Tugas Covid-19 Balangan Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Tiga Kecamatan

“Karena itu, dalam upaya kita memutus rantai penularan ini maka harus betul-betul kita taati imbauan tersebut. Bagaimana kita menjaga jarak dan berdiam diri di rumah. Karena ini adalah bagian yang paling efektif,” ucap Muslim.

Ia juga mengimbau agar seluruh masyarakat Kalsel bergotong royong, dan bahu membahu serta saling mengingatkan untuk melakukan dan menaati apa yang telah disampaikan oleh pemerintah. “Kalau imbauan itu dituruti, insya Allah penularan transmisi┬áCovid-19 di Kalsel dapat kita kendalikan dengan baik,” pungkas Muslim.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.