Usai Putusan MK, Penetapan Hasil Pileg 2019 Tingkat Provinsi Kalsel Dilanjutkan

1475

KabarKalimantan, Banjarmasin – Penetapan anggota DPRR Kalsel terpilih berdasarkan Pemilu 2019 yang sempat tertunda, akan dilanjutkan usai Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang putusan.

KPU Kalsel memang tidak bisa berbuat banyak. Cepat atau lambat, mereka hanya bisa mengikuti aturan di pusat.

Seperti diungkapkan Ketua KPU Kalsel Sarmuji, pihaknya sudah meminta pusat untuk segera menyelesaikan perkara yang membuat lambat tersebut.

“Tapi karena ada edaran dari Mahkamah Konstitusi (MK) untuk serentak, ya kita tunggu putusan itu,” ujar Sarmuji, Senin (29/7/2019).

Menurut Sarmuji, MK menjadwalkan sidang pada Selasa (6/8/2019). Putusan dibacakan pada Kamis (8/8/2019).

Sarmuji pun mengatakan, skor setidaknya baru bisa dicabut KPU Kalsel pada Sabtu (10/8/2019).

“Kan tanggal 8 dibacakan. Sehari setelahnya dikirim dan tanggal 10 kita terima dan tetapkan. Satu bulan di rasa cukup untuk penyelesaian surat keputusan anggota DPRD Kalsel,” ucapnya.

Baca Juga :   Wali Murid Setuju Pelajaran PMP Dihidupkan Lagi

Sebelumnya, Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pileg Tingkat Provinsi Kalsel pada Senin (22/7/2019) diskors. Itu diputuskan atas saran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel.

Penundaan penetapan dilakukan agar penetapan hasil perolehan kursi dan Anggota DPRD Kalsel terpilih berketetapan hukum berdasarkan keputusan MK.

Seperti dijelaskan Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kasypiah, saran tersebut didasari telaah Bawaslu Provinsi Kalsel atas surat keterangan MK yang mencatat kasus gugatan PHPU Partai Berkarya dengan nomor 224 dan 249 di MK.

Walaupun pada nyatanya gugatan yang tercantum tersebut tidak ada dan pemberitahuannya tidak diterima KPU Kalsel, Bawaslu Provinsi Kalsel tetap meminta KPU Kalsel untuk menunda penetapan hingga ada kepastian dari MK.

“Sebenarnya tindaklanjutnya terserah KPU apakah ingin dilanjutkan penetapan atau tidak. Yang penting kami sudah sampaikan,” kata Erna pada Senin (22/7/2019) lalu.

Reporter : M Ali Nafiah Noor
Editor : Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab : M Ridha

Baca Juga :   Ini Alasan Aliansi Mahasiswa Kalsel Geruduk Gedung DPRD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here