Utilitas Belum Dipindah, Jadwal Pembangunan Jembatan Sungai Gardu I Dikhawatirkan Molor

1524
Jembatan darurat Sungai Gardu I mulai dibangun pekerja

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pembangunan jembatan darurat Sungai Gardu I mulai dikerjakan. Letaknya persis di samping jembatan utama. Sebelah kiri dari arah Banjarmasin.

Rencananya, jembatan ini dijadikan sebagai akses sementara, selama jembatan utama dikerjakan. “Targetnya selesai akhir bulan ini,” ucap kontraktor Site Manager PT Multi Usaha Pembangunan, Khair, Jumat (12/7/2019).

Jembatan Sungai Gardu I memang lebih awal ditangani ketimbang dua jembatan lainnya, Sungai Gardu II, dan Sungai Lulut. Mengingat, lokasinya sudah bersih dari banguan warga.

Kendati demikian, masih ada persoalan yang menjadi beban pikiran Kahir. Utilitas di sekitar jembatan seperti pipa jaringan PDAM, kabel Telkom, dan PLN masih belum dipindah oleh pihak terkait. 

Hal ini membuatnya khawatir berdampak terhadap jadwal pengerjaan yang sudah disusun. “Diharapkan sih cepat dipindah, supaya jangan terganggu. Harapannya seperti itu,” imbuhnya.

Selain itu dia menjelaskan, terkait rencana pembangunan jembatan utama, prosesnya dijadwalkan dimulai akhir Juni, diawali dengan pemasangan tiang pancang. 

Disusul pembangunan pondasi struktur utama yang ditarget selesai akhir Oktober. “Saat proses pembangunan pondasi struktur utama ini tadilah utilitas disana sudah harus bersih, ” jelasnya.

Sementara untuk proses akhir hingga finishing dijadwal selesai paling lambat akhir November. “Jadi paling lambat akhir tahun sudah bisa dinikmati masyarakat,” katanya.

Lebih rinci Khair menjelaskan, konstruksi Jembatan Sungai Gardu I berjenis girder beton, dengan panjang 20,8 meter dan lebar sekitar 10 meter. “Panjang dan lebarnya lebih dari jembatan asal,” bebernya.

Dia melanjutkan, jembatan ini digadang-gadang dibangun persis seperti Jembatan Banjar Indah Permai, atau Jembatan Rawasari. “Jadi ada ada trotoarnya untuk pejalan kaki,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani

Baca Juga :   PDAM Klarifikasi Soal Pipa yang Belum Dipindah di Jembatan Sungai Gardu I

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here