Sen. Jul 6th, 2020

Verifikasi Mulus Perindo Kalsel

2 min read

Peluang Partai Persatuan Indonesia (Perindo) untuk menjadi kontestan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Kalsel terbuka lebar. Buktinya, mereka melewati tahapan demi tahapan verifikasi dengan cukup mulus.

Wartawan: M Ali Nafiah Noor

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kalsel menerima rombongan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel untuk melaksanakan verifikasi faktual, senin (18/12).

Sedikitnya ada 20 staf KPU Kalsel mendatangi Sekretariat Perindo Kalsel di Jl Brigjen H Hasan Basri. Seluruh anggota komisioner KPU Kalsel turun langsung melaksanakan berlangsungnya salah satu tahapan dalam pencalonan parpol peserta pemilu 2019 itu.

Partai Perindo merupakan salah satu dari 12 parpol yang dinyatakan lolos untuk melaju ke proses verifikasi faktual. Sebagai salah satu dari dua parpol baru yang berhak mengikuti verifikasi faktual, Partai Perindo Kalsel menunjukkan kesiapannya.

Proses pemeriksaan oleh Verifikator dari KPU Kalsel itu pun berlangsung singkat. Beberapa poin yang diperiksa seperti keberadaan pengurus inti, keterwakilan perempuan, dan keberadaan kantor dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Baca Juga :   Perindo HST Optimis Lolos Verifikasi Pemilu 2019

Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Perindo Kalsel sendiri merupakan sebuah ruko milik pimpinan pusat partai yakni Hary Tanoesoedibjo dengan status pinjam pakai sampai berakhirnya proses pemilu 2019. Sedangkan untuk keterwakilan perempuan, DPW Perindo Kalsel sudah mencapai 40%. “Semua sudah memenuhi syarat. Untuk keterwakilan perempuan bahkan Perindo telah melebihi dari syarat minimal 30%,” ucap salah satu Komisioner KPU Kalsel Sarmuji.

Ketua DPW Partai Perindo Kalsel Syahrani Ambo Oga mengatakan, pihaknya memang tak main-main menghadapi tahapan verifikasi. Persiapan matang telah dilakukan sejak jauh-jauh hari. “Bagi saya pribadi adalah beban moral jika gagal meloloskan tahapan ini. Sehingga persiapan harus benar-benar matang,” ucapnya.

Proses verifikasi faktual di Partai Perindo Kalsel ini juga dihadiri oleh 12 orang pengurus Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel.

Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan, nampak mencermati setiap pemeriksaan berkas yang dilakukan KPU Kalsel. “Proses verifikasi faktual sudah berlangsung sesuai dengan ketentuan,” katanya.[]

Baca Juga :   Perindo HST Optimis Lolos Verifikasi Pemilu 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.