Wabup Batola: Informasi Strategis Perlu Pengamanan Khusus

2 min read
23

KabarKalimantan, Marabahan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Sosialisasi Keamanan Informasi, Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Digital di Aula Mufakat, Kantor Bupati Batola, Kamis (19/12/2019).

Sosialiasi yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor tersebut juga melibatkan seluruh SKPD lingkup Pemkab Batola, serta menghadirkan nara sumber dari Diskominfo Provinsi Kalsel Abdul Hafiz.

Menurut Rahmadian, selain memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi, kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat juga membuka celah kerawanan terhadap kebocoran.

Baca Juga :   Dipimpin Sekda, Pemkab Barut Salurkan Bantuan Logistik ke Posko Induk Penanggulangan Banjir Batola

“Untuk itu, informasi yang bernilai strategis perlu dilakukan pengamanan khusus, baik menyangkut transaksi sistem, perangkat jaringan dan data, maupun sarana lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pengamanan informasi menjadi kebutuhan yang sangat vital, terlebih di lingkungan pemerintahan. Menurutnya, keamanan informasi menjadi aspek yang sangat penting.

Sebab, terangnya, jika terjadi kebocoran maka akan berpengaruh terhadap kinerja birokrasi dan tingkat keberhasilan pelaksanaan kebijakan pemerintah di berbagai bidang.

Baca Juga :   Porprov X, Batola Target Lima Besar Perolehan Medali

“Perlu kita perhatikan bersama bahwa dalam hal keamanan informasi terdapat tiga aspek, di antaranya menyangkut SDM, proses, dan teknologi,” jelasnya.

Rahmadi menilai, penerapan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital melalui aplikasi lock akan memberikan beberapa kemudahan dalam akses, penghematan waktu, ruang, ramah lingkungan, serta menjaga keamanan data.

“Sangat penting dan sudah saatnya dilakukan seiring pesatnya kemajuan teknologi informasi belakangan ini. Sertifikat elektronik tentunya dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat sebagai upaya meningkatkan pelayanan,” tandasnya.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di Batola Meningkat, Dua Desa dan Tiga Kelurahan Diberlakukan PPKM Ketat

Sebelumnya, Kabid Pengelolaan Informasi Hj Titien Hariyati mengatakan, tujuan digelarnya sosialisasi ini untuk meningkatkan keamanan informasi serta penerapan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital tahun 2019 di lingkungan Pemkab Batola.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan semua peserta dapat memahami akan pentingnya peningkatan keamanan informasi milik pemerintah serta penerapan elektronik dan tanda tangan digital,” pungkasnya.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *