Rab. Agu 5th, 2020

Waduh, Ratusan Wanita di Kalsel Terkena Pra Kanker Serviks

1 min read

Pemeriksaan massal 1.300 ASN kanker serviks dan payudara di kantor lama Gubernur Kalsel, Selasa (17/10/2017). dok redkal.com

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar tes gratis kanker serviks dan payudara yang diikuti oleh 1.300-an wanita Aparatur Sipil Negara di kantor lama Gubernur Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Selasa (17/10/2017). Mereka antre masuk bilik-bilik pemeriksaan yang sudah disiapkan panitia.

Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan, Abdul Haris, mengatakan pemeriksaan massal deteksi dini bertujuan mencegah penyakit kanker serviks dan payudara di kalangan ASN wanita. Sebab, menurut dia, aksi ini pararel dengan komitmen Pemprov Kalimantan Selatan yang ingin mewujudkan kesehatan bagi seluruh warga di Kalsel.

“Lebih baik mencegah, jangan sampai sudah stadium tinggi, baru periksa ke dokter. Ibu-ibu jangan ragu untuk memeriksakan diri deteksi dini kanker serviks dan payudara,” kata Abdul Haris di sela pemeriksaan massal kanker serviks dan payudara, Selasa (17/10/2017).

Menurut Abdul Haris, pemeriksaan itu juga bagian gerakan nasional dengan target 63 juta wanita. Di Kalimantan Selatan, kata dia, Dinas Kesehatan menemukan ada 461 dari 33.000-an wanita yang berpotensi terkena kanker serviks dan payudara.

Baca Juga :   Ini Lima Inovasi Tenaga Kesehatan Dinas Kesehatan Kalsel

“Walaupun hanya 1,7 persen, kita wajib waspadai penyakit ini, jangan kita lengah. Maka harus ada pemeriksaan yang gencar di masyarakat,” ujar Abdul Haris.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, Muhammad Muslim, mengatakan ibu-ibu yang sudah menikah dan melahirkan mesti mewaspadai penyakit kanker serviks dan payudara. Menurut Muslim, angka 461 orang wanita itu terindikasi menderita pra kanker serviks dan payudara.

“Kami himbau masyarakat, khususnya ibu-ibu tidak ragu-ragu memeriksakan diri ke puskesmas dan rumah sakit. Kami ingin menekan penyebaran kanker serviks dan payudara,” kata Muslim.

TIM KABARKALIMANTAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.