Waduh, Tomat di Balangan Mengandung Pestisida

118
Satgas Pangan Balangan memeriksa sampel sayuran dan mengecek harga sambako, Kamis (11/1/2018). Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Satgas pangan yang terdiri dari Polres Balangan bersama Dinas Ketahan Pangan setempat melakukan sidak pasar untuk memastikan harga kebutuhan pokok yang dijual di pasaran.

Kepala Satreskrim Polres Balangan, Ajun Komisaris Dany Sulistiono dan Kepala Ketahanan Pangan Balangan, Rahmadi, memimpin langsung sidak tim gabungan tersebut. Tim menyisir pasokan pangan di sentral pasar Paringin Kota, Kamis (11/1/2018).

Dalam sidak ini, tim melakukan tes uji kandungan pestisida dalam sayuran dan buah yang dijual dipasaran serta kandungan zat berbahaya lain seperti Formalin dan boraks.

Dinas Ketahanan Pangan melakukan pengecekan kandungan pestisida terhadap lima sampel sayuran yakni tomat, bayam, sawi, cabe rawit dan pare. Hasilnya, tim menemukan satu sayuran yang positif mengadung pestisida tinggi yakni tomat.

Dari hasil ini, Kepala BKP Balangan Rahmadi mengingatkan untuk menghindari dampak kandungan peptisida dalam sayuran sebaiknya melakukan pencucian sebelum dikonsumsi agar lebih aman.

“Biasanya mencuci sayuran sebelum dimakan, meski dampak pestisida ini tidak dirasakan langsung namun bila mengkonsumsi berkepanjangan akan menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker,” kata Rahmadi di sela sidak, Kamis (11/1/2018).

Adapun Ketua Satgas Pangan sekaligus Kasatreskrim Polres Balangan, AKP Dany Sulistiono, mengatakan tim ingin memastikan harga dan ketersediaan bahan pokok (Bapok) diawal tahun 2018 aman. Sebab, kata dia, menjelang awal tahun 2018 harga sempat naik karena stok sembako semakin menipis, diikuti dengan harga yang melambung tinggi.

Namun dari hasil sidak, Dany menuturkan, harga sembako sudah semakin stabil, meski ada kenaikan namun tidak terlalu sistematis .

Rahmadi, membenarkan amannya stok pangan dikabupaten balangan. Ia memastikan aman karena pasokan bapok dari wilayah Balangan atau pun dari luar cukup banyak. Rahmadi mengingatkan kepada para pedagang agar tidak menaikan harga sesuka hati, namun harus disesuaikan dengan harga pasaran.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here