Ming. Apr 11th, 2021

Warga Balangan Terima BLT Tahap Pertama Anggaran 2021

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Balangan mulai melakukan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap satu tahun anggaran 2021.

Penyaluran BLT tahap pertama ini secara simbolis dilakukan oleh Bupati Balangan H Ansharuddin di Desa Dahai, Kecamatan Paringin.

Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, penyerahan BLT perdana ini diberikan kepada 71 KK yang berhak menerima dana tersebut di Kabupaten Balangan.

Sebagaimana diketahui, dalam penerimaan ini tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi, yang mana di desa tersebut harus segera menyelesaikan laporan pertanggungjawabannya.

“Pihak yang sudah siap itu ada 80 dari 154 desa. Jadi kita mengharapkan kepada masyarakat dengan adanya BLT ini bisa mengurangi beban dari dampak pandemi Covid-19,” harapnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan Urai Nur Iskandar menyatakan, untuk BLT DD tahap pertama tahun 2021 akan dijalankan ke 82 desa yang APBDes sudah siap.

Sesuai arahan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, BLT-DD 2021 akan diberikan mulai Januari-Desember tahun ini.

“Apabila sudah siap APBD-nya berarti ini yang sudah siap untuk disalurkan dana desanya. Dan mungkin nanti secara maraton kita akan menyerahkan BLT dana desa bulan pertama ini sebesar Rp 300 ribu per KK per bulan dan insya Allah akan dilaksanakan selama 12 bulan,” imbuhnya.

Kepala Desa Dahai Sulaiman mengucapkan rasa terima kasih atas ditunjuknya sebagai desa yang pertama untuk penyerahan perdana BLT ini. “Terima kasih kepada Bupati dalam hal ini Dinas PMD Kabupaten Balangan yang telah memotivasi kami agar tepat waktu untuk penetapan APBDes 2021,” tambahnya.(Adv)

Reporter: FM Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.