Warga Batola Antusias Nontong Bareng Film G 30 S/PKI

290
Bupati Batola, Sekda Batola, Dandim 1005/Marabahan, dan ratusan warga Batola nonton bareng film G 30 S/PKI, Sabtu malam lalu. Istimewa for Redkal.com

KabarKalimantan, Marabahan– Ratusan warga Kabupaten Barito Kuala menyerbu titik lokasi penayangan film pemberontakan Gerakan 30 September/PKI pada 1965. Aksi nonton bareng digelar oleh Pemerintah Kabupaten Barito Kuala bersama Markas Kodim 1005/Marabahan di halaman Sekretariat Pemkab Barito Kuala, Sabtu malam akhir pekan lalu.

Bupati Barito Kuala (Batola), H Hasanuddin Murad, mengapresiasi kepada Kodim 1005 Marabahan atas terlaksananya nonton bareng pemutaran film G 30 S/PKI. Penayangan film ini merupakan cuplikan sejarah kelam bangsa Indonesia agar generasi muda tidak melupakan sejarah bangsa.

Menurut Hasanuddin, pemberontakan itu peristiwa luar biasa yang menghancurkan sendi-sendi kehidupan. “Penyelewengan ideologi negara kita, Pancasila berusaha diganti dengan ideologi komunis, komunis anti agama,” kata Hasanuddin di sela nonton bareng.

“Agama adalah racun bagi mereka harus dihilangkan dan ini menjadi catatan kita agar senantiasa waspada komunis sangat berbahaya dan bertentangan dengan norma agama, norma sosial, adat istiadat kita yang luhur,” Hasanuddin melanjutkan.

Baca Juga :   Kesbangpol Batola Seleksi Calon Paskibra

Itu sebabnya, ia meminta generasi muda mampu mempertahankan situasi yang kondusif dan mewaspadai bangkitnya ancaman bahaya komunis yang dapat memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Hasanuddin bersyukur sampai hari ini Negara Republik Indonesia tetap utuh. Ia mengajak komponen masyarakat bersama mengisi kemerdekaan dengan pembangunan demi memacu kesejahteraan warga.

Usai acara panitia menyiapkan doorprize bagi penonton yang bisa menjawab pertanyaan seputar penayangan film G 30/S PKI.

Komandan Kodim 1005/Marabahan, Letkol Arh Irwan Setiawan, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Batola yang memfasilitasi acara itu. Ia pun mengapresiasi kesediaan masyarakat Batola yang hadir sama-sama menyaksikan pemutaran film G 30/S PKI.

“harapannya generasi muda bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia agar peristiwa sama tidak terulang lagi,”kata Letkol Irwan.

Hadir dalam acara Sekretaris Dearah Kabupaten Batola Ir.H.Supriyono MIP, Kapolres Batola AKBP Syahril Saharda, Kepala Bank BRI, Ketua AMPI Batola Hery Sasmita, FKPPI Pepsodeni, Pemuda Pancasila, tokoh mayarakat, dan anggota pramuka. (advertorial)

Baca Juga :   Kabag Humpro Batola Sudah Ditetapkan sebagai Tersangka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here