Warga Dayak Batulsung Kini Miliki Balai Adat

51

KabarKalimantan, Kotabaru – Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin meresmikan Balai Adat Dayak Batulasung, Desa Cantung Kiri Hilir, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru, Rabu (11/12/2019).

Dalam acara peresmian balai adat tersebut, Wakil Bupati Kotabaru dan masyarakat setempat disuguhkan penampilan pencak silat Sinding Meratus dan Tarian Mandau Belalap Api Bekasai Duri oleh Suku Dayak Maantam, Kecamatan Pamukan Barat, Kabupaten Kotabaru.

Ketua DPD Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN) Kalsel Bujino A Salan mengatakan, balai adat dayak yang diresmikan ini merupakan balai adat yang ke-80 dari yang tersebar di 13 kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Adanya Balai Adat Dayak Batulasung ini tentu saja membuat warga dayak setempat tidak perlu bingung untuk mencari tempat bermusyawarah atau untuk mengadakan aruh,” kata Bujino.

Sementara itu, Kapolres Kabupaten Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya balai adat Dayak ini, tentunya masyarakat setempat lebih merasa aman dan nyaman dalam berkoordinasi, dan selebihnya dapat meningkatkan tali silaturahmi pada sesama. “Yang lebih penting adalah kita bisa menjaga daerah agar lebih kondusif,” tegasnya.

Reporter: Slamet Riadi

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here