Kam. Okt 1st, 2020

Warga Ije Jela Acungi Jempol kepada Bupati Batola

1 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Keputusan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengakhiri kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Banyak warga Bumi Ije Jela mengacungkan jempol atas keputusan Bupati Hj Noormiliyani yang memutuskan hubungan kerjasama setelah BPJS Kesehatan tak bisa melayani seorang bayi yang mengalami kebocoran jantung dengan kondisi yang sangat lemah.

Warga menilai, keputusan itu sangat tepat karena penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan itu tak manusiawi lantaran tak bisa memberikan kebijakan dalam pelayanan kesehatan masyarakat tidak mampu.

Terlebih, warga juga menilai fakta di lapangan pelayanan yang diberikan BPJS terkadang sangat buruk dan selalu dipersulit hingga harus membeli obat di luar.

Terkait keidakmanusiawian BPJS itu, Hj Noormiliyani nampaknya masih kesal. Bagaimana tidak, ada 33.000 warga yang tidak mampu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

“Bahkan, dalam kerjasama ini pemerintah daerah sudah membayar terlebih dulu kepada BPJS dan berharap agar warga yang berobat dapat dilayani dengan baik, tapi nyatanya apa?” tandasnya.

Sebagai jaminan untuk masyarakat agar tetap mendapatkan layanan kesehatan, lanjut Noormiliyani, pemerintah daerah akan segera mencarikan alternatif pengganti BPJS Kesehatan itu.

Ia membandingkan, pelayanan BPJS tak seperti Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Sebab, kalau Jamkesda pemerintah hanya perlu membeli paket ke rumah sakit agar masyarakat yang berobat dapat terlayani dengan baik.

“Pemutusan hubungan kerjasama dengan BPJS ini khusus untuk warga tidak mampu yang ditanggung oleh pemerintah daerah. Sedangkan anggota BPJS mandiri dan ASN masih berstatus anggota BPJS,” ujarnya.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.